Olahraga Piala Dunia 2022

Qatar Tuan Rumah Pertama yang Kalah di Laga Pembuka Piala Dunia

Senin, 21 November 2022 - 09:34 | 19.39k
Qatar Tuan Rumah Pertama yang Kalah di Laga Pembuka Piala Dunia
Striker Mohammed Muntari harus menerima fakta kalah 0-2 dari Ekuador di laga pembuka Piala Dunia 2022. (foto: skysports)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador, Minggu (20/11/2022) menghasilkan sejumlah catatan. Salah satunya adalah, Qatar menjadi menjadi tim tuan rumah Piala Dunia pertama yang kalah dalam pertandingan pembuka Piala Dunia.

Seperti diketahui, dalam laga Grup A yang juga menjadi pembuka Piala Dunia 2022, Ekuador menang 2-0 atas Qatar. Dua gol kemenangan Ekuador di Stadion Stadion Al Bayt, dihasilkan oleh Enner Valencia. 

Dalam 92 tahun sejarah Piala Dunia tuan rumah tak pernah bisa dikalahkan dalam laga pembuka, masing-masing 16 kali menang dan enam kali berakhir seri.

Data dan fakta lain laga Qatar vs Ekuador sebagai berikut

  • Gol pembuka Ekuador adalah pertama kalinya dalam sejarah Piala Dunia bahwa gol pembuka di Piala Dunia dicetak dari titik penalti.
  • Ekuador mencetak dua gol di babak pertama di Piala Dunia untuk pertama kali. 
  • Ini menjadi kemenangan kedua Ekuador di laga pembuka dari empat kali keiikutsertaan mereka di Piala Dunia. Kemenangan pertama mereka di laga pembuka terjadi di Piala Dunai 2006. Saat itu, Ekuador menang 2-0 atas Polandia.
  • Hanya ada 11 tembakan dalam pertandingan ini (5 untuk Qatar, 6 untuk Ekuador) - ini menjadi angka tendangan ke gawang paling rendah di pertandingan Piala Dunia sejak 1966. 
  • Ekuador berhasil mempertahankan clean sheet atau tidak kebobolan dalam tujuh pertadingan terakhirnya dalam semua kompetisi (3 menang, 4 seri). 
  • Bagi Enner Valencia, dua gol ke gawang Qatar membuat koleksi golnya di Piala Dunia menjadi 5.
  •  Untuk saat ini, Enner Valencia  menjadi top skor sementara Piala Dunia 2022 dengan 2 gol. 

Enner-Valencia-Ekuador-2.jpgStriker Ekuador Enner Valencia mencetak gol pertama Piala Dunia 2022 dari titik penalti. (foto: skysports)

Dengan hasil ini, Ekuador memimpin klasemen sementara Grup A, dengan Qatar berada di urutan paling bawah di bawah Senegal dan Belanda yang baru akan memainkan pertandingannya, Senin hari ini.

Ekuador akan menghadapi Belanda di pertandingan kedua pada Jumat (25/11/2022). Sementara tuan rumah Qatar akan menjamu Senegal di hari yang sama.

Pemenang Grup A akan menghadapi runner up Grup B yang dihuni oleh Inggris, Amerika Serikat dan Iran. Sementara runner up Grup A akan menghadapi juara Grup B.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

KOPI TIMES