Olahraga

Zainudin Amali Harapkan Porwanas 2022 Jadi Ajang Pendukung Desain Besar Olahraga Nasional

Selasa, 22 November 2022 - 10:29 | 12.95k
Zainudin Amali Harapkan Porwanas 2022 Jadi Ajang Pendukung Desain Besar Olahraga Nasional
Zainudin Amali (tengah), Emil Dardak (kiri), dan Atal S Depari (kanan) saat membuka Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII tahun 2022, di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Senin (21/11/2022) malam. (Foto: Junita/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI) Zainudin Amali ingin Pekan Olahraga Wartawan Nasional XIII (Porwanas) 2022 bisa ikut mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Mewakili Presiden RI Jokowi, Zainudin Amali menyampaikan hal tersebut saat membuka secara resmi membuka Porwanas 2022 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Senin (21/11/2022).

Pesta olahraga yang sempat terhenti selama 6 tahun ini akan berlangsung 21-27 November 2022 di Malang Raya (Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu).

Menpora Rmengatakan bahwa kepedulian kepada olahraga masih belum sama seperti sektor-sektor lainnya. Pasalnya, 76 tahun Indonesia merdeka, baru sekarang hadir desain besar olahraga yang berisi dari hulu ke hilir. Hulunya adalah kebugaran dan hilirnya adalah prestasi.

Porwanas-XIII-2.jpgDevile 35 kontingen dari provinsi di Indonesia, beserta kontingen spesial Surakarta saat Pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII tahun 2022, di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Senin 21/11/2022) malam. (Foto: Junita/TIMES Indonesia)

“Kalau desain ini bisa kita jalankan sebaik-baiknya, maka bukanlah mimpi kosong. Kalau 100 tahun Indonesia merdeka tahun 2045. Tepatnya pada Olimpiade 2044 yang akan datang, Indonesia minimal berada di peringkat 10 besar dunia,” kata Zainudin Amali.

Dalam kesempatan itu, Menpora RI juga memberikan apresiasi kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai penyelenggara Porwanas yang telah ikut andil dalam implementasi dari Desain Besar Olahraga Nasional.

Ketua Umum pelaksana Porwanas XIII, Lutfil Hakim mengungkap, minat masyarakat profesi wartawan terhadap itu sangat tinggi sekali karena Porwanas sudah ke-13 kali yang dilaksanakan selama 4 tahun sekali. Dengan demikian, sejak 52 tahun, minat profesi jurnalis terhadap olahraga sebenarnya sangat tinggi.

“Tahun ini diikuti oleh 35 provinsi dengan jumlah atlet dan official 2200 dari 10 cabang olahraga dengan 29 nomor. Ini baru atlet dan official, tapi banyak rombongan dari PWI beserta keluarganya. Jika dihitung ada sekitar 6000-7000an wartawan,” bebernya.

Lutfil Hakim menambahkan, Porwanas juga bisa menggerakkan ekonomi daerah. "Mereka jauh-jauh hadir bukan hanya bertanding, tapi juga menikmati objek wisata dan belanja oleh-oleh di Malang Raya," imbuhnya.

Porwanas-XIII-3.jpgCak Lontong dan Akbar Kobar memeriahkan acara Pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII tahun 2022, di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Senin 21/11/2022) malam. (Foto: Junita/TIMES Indonesia)

Emil Dardak, Plt. Gubernur Jawa Timur sekaligus sebagai tuan rumah dalam sambutannya mengatakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sangat mendukung sepenuhnya penyelenggaraan Porwanas XIII di Malang Raya ini.

“Semoga pelaksanaan Porwanas berjalan dengan lancar, semua dapat diselenggarakan dengan selamat dan sehat, serta nantinya kembali ke rumah masing-masing dalam keadaan sehat dan bahagia” tambahnya.

Acara pembukaan Porwanas XIII oleh Menpora RI di Graha Cakrawala ini, juga dimeriahkan oleh dua pelawak Cak Lontong dan Akbar Kobar. Acara diakhiri dengan penampilan Denny Caknan yang sedang digandrungi lagunya oleh masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

KOPI TIMES