Olahraga Piala Dunia 2022

Belgia vs Kanada: Tanpa Romelu Lukaku, Les Rouges Siap Ukir Sejarah

Rabu, 23 November 2022 - 12:39 | 17.15k
Striker Timnas Belgia, Romelu Lukaku (c) AP Photo
Striker Timnas Belgia, Romelu Lukaku (c) AP Photo
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Laga Belgia vs Kanada akan berlangsung Kamis (24/11/2022) dini hari. Laga grup F Piala Dunia 2022 ini akan menjadi laga menarik, karena Belgia akan bermain tanpa Romelu Lukaku di Stadion Ahmad bin Ali di Al Rayyan, Qatar.

Pelatih Belgia, Roberto Martinez menyampaikan Belgia sedang menghadapi badai cedera jelang laga perdananya di Piala Dunia 2022. Bukan hanya Romelu Lukaku, bek kanan Belgia Thomas Meunier dan Jan Vertonghen juga masih mengalami cedera. 

Advertisement

"Sekarang tinggal menyiapkan semua orang. Kami tak boleh berharap menjuarai Piala Dunia jika kami tidak dalam kondisi terbaik," kata Martinez.

Martinez dituntut mengubah gaya permainan tim peringkat kedua dunia, tanpa Lukaku. Michy Batshuayi sebagai penganti diharapkan mampu tampil maksimal untuk menggantikan Lukaku dalam pertandingan nanti. 

Saat ini, amunisi serang Belgia hanya bertumpu pada Eden Hazard, kapten tim yang telah pulih setelah cedera. Hazard diharapkan mampu berkolaborasi dengan Kevin De Bruyne untuk menyerang. 

Skuad Belgia telah bermain dalam 104 pertandingan Piala Dunia yang dikombinasi, terbanyak dari negara mana pun yang berkompetisi di Qatar.

Upaya Kebangkitan Kanada

Sementara itu, Kanada saat ini tengah menikmati tiket kedua dalam Piala Dunia, setelah penantian panjang sejak Piala Dunia 1986. Ketika itu, Kanada kalah berturutan dalam tiga pertandingan fase grup tanpa mencetak satu pun gol.

Kesempatan Piala Dunia 2022 ini menjadi momentum tepat untuk menorehkan sejarah positif bagi Kanada. Gelandang Kanada, Jonathan Osorio mengaku timnya sudah siap bersaing dengan tim-tim dunia. 

"Secara kolektif, kami harus sangat ketat sebagai tim dan bergerak dalam satu kesatuan, sebagai kolektif," kata gelandang Jonathan Osorio seperti dikutip Reuters.

Osorio mengakui timnya justru semakin bersemangat dari ketidakhadiran Lukaku yang selalu menjadi ancaman tim mana pun. Menurutnya, tanpa kehadiran Lukaku, Kanada bisa tampil dengan percaya diri di laga perdana.

"Kami tahu mereka memiliki pemain-pemain berkualitas dan siapa pun yang mereka tampilkan di lapangan, pasti sangat berkualitas dan mereka akan berusaha mempersulit kami," kata Osorio seraya menandaskan timnya siap menghadapi skenario apa pun.

Prediksi sebelas pemain pertama

Belgia (3-5-2): Thibaut Courtois; Zeno Debast, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld; Thomas Meunier, Youri Tielemans, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Timothy Castagne; Eden Hazard, Michy Batshuayi.

Kanada (4-3-3): Milan Borjan; Alistair Johnston, Steven Vitoria, Kamal Miller, Sam Adekugbe; Tajon Buchanan, Atiba Hutchinson, Stephen Eustaquio; Jonathan David, Cyle Larin, Alphonso Davies.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES