Olahraga Piala Dunia 2022

Cetak Gol ke Gawang Ghana, Ronaldo Catat Rekor di Piala Dunia 2022

Jumat, 25 November 2022 - 08:33 | 14.70k
Cetak Gol ke Gawang Ghana, Ronaldo Catat Rekor di Piala Dunia 2022
Cristiano Ronaldo mencetak rekor menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima edisi piala dunia (FOTO: @panditfootball)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTACristiano Ronaldo kembali membuat rekor dalam karier sepak bolanya. Ronaldo berhasil menjadi pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak gol dalam lima edisi Piala Dunia. Rekor ini tercipta setelah Portugal mengalahkan Ghana 3-2 dalam laga Grup H Piala Dunia 2022 Qatar, di Stadiun 974 (Rass Abou Aboud), Dhoha, Kamis (24/11/2022).

Daftar Gol Ronaldo di Piala Dunia:

  • Piala Dunia 2006: 1 gol/6 pertandingan
  • Piala Dunia 2010: 1 gol/4 pertandingan
  • Piala Dunia 2014: 1 gol/3 pertandingan
  • Piala Dunia 2018: 4 gol/4 pertandingan
  • Piala Dunia 2022: 1 gol/1 pertandingan
  • TOTAL: 7 gol/18 pertandingan

Sejak menit awal, Portugal langsung bermain menekan. Ronaldo sempat membuat peluang untuk mencetak gol pada menit ke-10. Namun, serangan itu masih bisa dihalau oleh kiper Ghana, Lawrence Ati-Zigi. Hingga menit akhir babak pertama, kedua tim sama kuat dengan skor kacamata.

Cristiano-Ronaldo-3.jpgSelebrasi 'Siuuu' Cristiano Ronaldo setelah mencetak gol lewat titik putih pada laga perdana Portugal vs Ghana, Kamis (24/11/2022) (FOTO: @FaktaSepakbola)

Pada babak kedua, Ronaldo berhasil mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-65, setelah ia dilanggar oleh bek Ghana, Mohamed Salisu pada kotak penalti. Portugal sementara unggul 1-0. Namun, keunggulan tersebut hanya bertahan selama 8 menit. Ghana berhasil membobol gawang Diogo Costa pada menit ke-73. Kapten Ghana, Andre Ayew berhasil mencetak gol, berkat umpan dari Kudus dari sisi kiri.

Tensi pertandingan semakin memanas, selang 5 menit kemudian. Serangan balik Bernardo Silva dituntaskan Joao Felix pada menit ke-78 untuk membawa Portugal unggul. Portugal kembali mencetak gol pada menit ke-80 oleh Rafael Leao, berkat umpan dari gelandang Manchester United, Bruno Fernandes.

Andre-Ayew.jpgSelebrasi kapten Ghana, Andre Ayew setelah mencetak gol ke gawang portugal, Kamis (24/11/2022) (FOTO: @majo_lahraga) 

Ghana masih memberikan tekanan hingga menit akhir babak kedua. Satu menit sebelum babak kedua berakhir, Abdul Rahman Baba berhasil mengirim umpan lambung dari sisi kiri. Tanpa penjagaan, Osman Bukari menerima umpan tersebut dan menyundul bola masuk ke gawang Portugal.

Pada babak kedua ini, terjadi tambahan waktu selama 9 menit. Pada detik-detik akhir pertandingan, sempat terjadi kemelut di kotak penalti Portugal karena kiper Costa ceroboh, namun gawang Selecao das Quinas aman dari kebobolan.

Hingga wasit meniup peluit akhir tidak ada gol lagi yang tercipta. Portugal mengemas tiga poin pertama di Piala Dunia 2022 dan memuncaki klasemen grup H.

Di sisi lain, Uruguay dan Korea Selatan harus puas berbagi poin, setelah bermain imbang 0-0 di stadion Ar Rayyan, Kamis (24/11/2022).

Pertandingan selanjutnya di Grup H Piala Dunia 2022, Portugal akan menghadapi Korea Selatan, Jumat (2/12/2022) dan Ghana akan menghadapi Uruguay. 

 Susunan Pemain Portugal vs Ghana

Portugal XI: Diogo Costa; Cancelo, Danilo, Rúben Dias, Guerreiro; Neves; Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Otávio, João Félix; Ronaldo.

Pelatih: Fernando Santos

Ghana XI: Ati Zigi; Seidu, Djiku, Salisu, Amartey, Rahman; Partey, Abdul Samed; Kudus, Iñaki Williams, André Ayew.

Pelatih: Otto Addo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES