Olahraga Piala Dunia 2022

Qatar vs Senegal, Pertarungan Juara Asia dan Afrika

Jumat, 25 November 2022 - 13:24 | 17.99k
Qatar vs Senegal, Pertarungan Juara Asia dan Afrika
Timnas Qatar kalah dalam laga pembuka Piala Dunia 2022 atas Ekuador. (FOTO: Getty Images)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tuan rumah Qatar akan menjamu Senegal dalam laga penentuan, lolos atau tersingkir, dalam babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2022. Kedua tim memiliki beban yang cukup besar karena belum mengoleksi poin. 

Pelatih Felix Sanchez menjanjikan tim yang lebih "efektif dan kompetitif" saat melawan Senegal nanti. Tim juara Asia ini harus mencetak gol lebih dulu, untuk membuat pendukung mereka bertahan mendukung sampai akhir.

Qatar juga harus bisa merotasi pertahanan agar lebih kokoh. Semangat dan taktik Qatare harus bisa lebih baik dibandingkan saat melawan Ekuador. 

Masalah yang sama juga dihadapi Senegal, yang membutuhkan poin untuk dapat lolos. Juara Afrika harus mengalahkan Qatar, agar bisa menghidupkan harapan mencapai lagi babak knockout Piala Dunia.

Saat melawan Belanda, Senegal tampil tidak terlalu buruk. Mereka bahkan kebobolan pada menit-menit akhir. Penjaga gawang terbaik di dunia, Edouard Mendy, menjadi pemain yang paling dikambinghitamkan dari kekalahan itu. Mendy juga akan kembali mengisi line-up Senegal saat melawan Qatar. 

Pelatih Senegal, Aliou Cisse saat ini sedang berpikir keras mencari pengganti gelandang Cheikhou Kouyate dan bek Abdou Diallo yang sama-sama cedera. Cisse juga mungkin mengubah personel barisan depannya dengan membawa Bamba Dieng ke dalam sebelas pemain pertama Senegal.

“Sepak bola itu tentang efisiensi, ketika Anda tidak mencetak gol, maka Anda tidak bisa menang,” kata Cisse seperti dikutip Reuters.

Cisse juga memiliki tantangan untuk  bisa memulihkan ketajaman timnya seperti Sadio Mane masih ada. Mane tercoret dari skuad karena cedera, dan sejauh ini Senegal memperlihatkan tanda-tanda belum menemukan pengganti yang tepat untuk Mane.

Sebelum ini kedua tim belum pernah bertemu sehingga laga kedua Grup A Piala Dunia 2022 ini menjadi pertemuan pertama Qatar dengan Senegal. Kedua tim kalah pada pertandingan pertamanya. Qatar dibungkam 0-2 oleh Ekuador, sedangkan Senegal takluk dalam skor yang sama kepada Belanda.

Laga di stadion Al Thumama ini akan menjadi pertemuan antara juara Asia dan Afrika. Senegal mengejutkan dunia dengan mencapai perempat final 20 tahun lalu pada penampilan Piala Dunia pertamanya di Jepang dan Korea Selatan.

Empat tahun lalu mereka mencapai putaran final Piala Dunia pertamanya dalam kurun 16 tahun namun kampanye mereka dalam Piala Dunia 2018 di Rusia itu berantakan setelah tersingkir pada babak penyisihan grup karena kalah fair play dari Jepang.

Qatar berusaha keras untuk tidak menjadi tuan rumah Piala Dunia keempat yang tersingkir dari fase grup putaran final Piala Dunia setelah Swiss, Chile dan Afrika Selatan pada 1954, 1962 dan 2010.

Prediksi susunan pemain Qatar vs Senegal

Qatar (5-3-2): Meshaal Barsham; Pedro Miguel, Boualem Khoukhi, Tarek Salman, Abdelkarim Hassan, Homam Ahmed; Hassan Al Haydos, Karim Boudiaf, Abdulaziz Hatem; Almoez Ali, Akram Afif

Senegal (4-2-3-1): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Pepe Abou Cisse, Abdou Diallo; Idrissa Gueye, Nampalys Mendy; Moussa Ndiaye, Ismaila Sarr, Krepin Diatta, Boulaye Dia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

KOPI TIMES