Olahraga Piala Dunia 2022

Arab Saudi vs Meksiko, Sama-sama Berpeluang Lolos ke 16 Besar

Rabu, 30 November 2022 - 13:03 | 23.58k
Pemain Arab Saudi berlatih ringan jelang laga penentuan Grup C Piala Dunia 2022 melawan Meksiko. (foto: SaudiNT_EN)
Pemain Arab Saudi berlatih ringan jelang laga penentuan Grup C Piala Dunia 2022 melawan Meksiko. (foto: SaudiNT_EN)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTAArab Saudi dan Meksiko sama-sama datang ke pertandingan terakhir Grup C Piala Dunia 2022 dengan peluang lolos ke babak sistem gugur.

Untuk Arab Saudi, kemenangan pada Kamis (1/12/2022) dini hari nanti menjamin langkah mereka lolos ke 16 besar. 

Advertisement

Hasil imbang juga masih bisa mengangkat Arab Saudi ke 16 besar tetapi syaratnya Polandia harus mengalahkan Argentina. 

Bahkan kalah pun masih berpeluang, hanya jika kalah satu gol sambil berharap Polandia menghujani gawang Argentina dengan banyak gol.

Lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2022 akan menjadi momen bersejarah bagi Arab Saudi, sekaligus menambah cerita heroik mereka saat mengalahkan Argentina di laga pembukaan.

Arab Saudi tercatat untuk keenam kalinya tampil dalam putaran final Piala Dunia dan pernah mencapai 16 besar dalam debutnya pada 1994, saat Piala Dunia Amerika Serikat.

Jika mereka bisa mengalahkan Meksiko seperti saat menumbangkan Argentina 2-1 pekan lalu, maka The Green Falcons mengulangi pencapaian terbaiknya 18 tahun silam itu.

Arab Saudi mengejutkan dunia sepak bola ketika menumbangkan Argentina 2-1 dalam pertandingan pertama fase grup sebelum takluk 0-2 kepada Polandia dalam pertandingan kedua.

Pelatih Arab Saudi Herve Renard menjanjikan bahwa pada pertandingan di Lusail melawan Meksiko nanti itu skuadnya akan tampil penuh energi dan hasrat menang yang sama.

Namun ada sejumlah faktor yang membuat perjuangan Arab Saudi itu tidak akan dilalui dengan mudah mengingat Meksiko lebih berpengalaman keluar dari lubang jarum. Mereka sudah delapan kali berturut-turut mencapai 16 besar.

Meksiko harus mengalahkan Arab Saudi setidaknya dengan selisih tiga gol, sambil berharap Polandia tidak dikalahkan oleh Argentina. Jika juara Copa America 2021 itu mengalahkan Polandia, maka akan berat bagi Meksiko.

Meksiko juga akan memasuki arena pertandingan dengan bekal catatan bagus tidak pernah kalah dari Arab Saudi dalam lima pertandingan sebelumnya, termasuk menang dua kali dengan masing-masing menyarangkan lima gol pada Piala Konfederasi FIFA.

Lini Depan Tumpul

Meksiko.jpgPemain Meksiko belatih ringan jelang laga pamungkas Grup C yang menentukan melawan Arab Saudi. (foto: @miseleccionmx)

Masalahnya, perjalanan Meksiko di Piala Dunia 2022 sangat mengecewakan. Pasukan arahan Tata Martino ini baru mengemas satu poin dari dua pertandingan dan belum mencetak gol, alias tumpul.

Mereka kini membutuhkan kemenangan besar atas Arab Saudi di pertandingan terakhir mereka untuk memiliki harapan lolos ke babak sistem gugur.

Dihadapkan kepada penyakit tumpulnya barisan depan sampai tidak mampu menciptakan satu pun gol saat menghadapi Polandia dan Argentina. Mereka bisa mengalami pengalaman buruk tak bisa mencetak gol dalam sebuah turnamen Piala Dunia.

"Selama ada peluang, kami harus selalu berusaha," kata pelatih Meksiko Tata Martino. "Arab Saudi harus memenangkan pertandingan ini dan mencetak gol, begitu pula kami," ucapnya.

Prakiraan pemain Arab Saudi:

Arab Saudi (4-1-3-2): Mohammed Alowais; Saud Abdulhamid, Abdulelah Al-Amri, Hassan Al-Tambakti, Sultan Al-Ghannam; Mohamed Kanno; Feras Al-Buraikan, Ali Al-Hassan, Sami Al-Najei, Salem Al-Dawsari; Saleh Al-Shehri

Prakiraan pemain Meksiko
Meksiko: Guillermo Ochoa; Jorge Sanchez, Hector Moreno, Cesar Montes, Jesus Gallardo; Hector Herrera, Andres Guardado, Luis Chavez; Hirving Lozano, Raul Jimenez, Alexis Vega. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES