Olahraga

Jalani Perawatan Akhir Hayat di Rumah Sakit, Pele Tetap Beri Semangat Piala Dunia

Minggu, 04 Desember 2022 - 10:41 | 20.26k
Sang legenda Brasil, Pele kini sedang menjalani perawatan akhir hayat di Rumah Sakit setelah ia tidak menjalani perawatan kemoterapi lagi atas kankernya.(FOTO A: The Sun)
Sang legenda Brasil, Pele kini sedang menjalani perawatan akhir hayat di Rumah Sakit setelah ia tidak menjalani perawatan kemoterapi lagi atas kankernya.(FOTO A: The Sun)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Legenda Brasil, Pele (82), sejak sejak Selasa menjalani perawatan akhir hayat di rumah sakit setelah ia berhenti menjalani kemoterapi dalam berjuang melawan kanker ususnya. Ia berucap tetap kuat penuh harap dengan momen Piala Dunia Qatar 2022.

Ia telah memecah kebisuannya dan bersikeras tetap kuat dan mengatakan bahwa Piala Dunia dan timnas Brasil membuatnya 'penuh energi'

Advertisement

Pele yang memenangkan Piala Dunia tiga kali bersama negaranya dari tahun 1958 hingga 1970 ini telah memberikan pembaruan positif kepada penggemar tentang kesehatannya.

Pele bahkan menyempatkan diri untuk mengajak para penggemar sepak bola untuk menonton timnas Brasil saat ini di Piala Dunia Qatar 2022.

"Teman-teman, saya ingin membuat semua orang tetap tenang dan positif," tulisnya di medsos.

legenda-Brasil-b.jpgFans berharap Pele membaik pada pertandingan grup Piala Dunia Qatar 2022 melawan Kamerun. (FOTO: The Sun/Getty Image)

"Saya kuat, dengan banyak harapan dan saya mengikuti perawatan saya seperti biasa. Saya ingin berterima kasih kepada seluruh tim medis dan perawat atas semua perawatan yang telah saya terima," tambahnya.

"Saya sangat percaya kepada Tuhan dan setiap pesan cinta yang saya terima dari anda di seluruh dunia membuat saya tetap bersemangat, dan juga menonton Brasil di Piala Dunia. Terima kasih banyak untuk semuanya," tulisnya lagi.

Pele menjalani perawatan di bangsal perawatan paliatif yang dirancang untuk mengurangi rasa sakit dan mengoptimalkan kualitas hidup di antara orang dengan penyakit serius.

Sejumlah nama besar pesepakbola juga berbicara tentang olahragawan ikonik itu sejak berita tentang kesehatannya yang buruk awal pekan ini.

Kapten Inggris Harry Kane mengatakan, pertama dan terutama kami mengirimkan harapan terbaik kami kepadanya dan juga seluruh keluarganya.

"Dia adalah inspirasi di antara permainan kami, pesepakbola yang luar biasa, orang yang luar biasa, dan mendengar kata-kata itu darinya untuk saya," tulisnya.

"Saya selalu merasa seperti seseorang yang selalu belajar dan terus belajar dan dia memberikan beberapa saran kepada saya. Sedih mendengar berita itu, tapi kami berharap dia baik-baik saja, bukan hanya saya dan seluruh tim Inggris," tulis Harry Kane.

Superstar Prancis, Kylian Mbappe juga memberikan penghormatan melalui tweetnya, "Berdoa untuk Raja".

Dari Brasil, Rivaldo dan Vinicius Jr menambahkan "Raja Kekuatan" ke saluran media sosial mereka.

Pele dianggap sebagai salah satu pesepakbola terhebat sepanjang masa.

Bersamaan dengan tiga  kemenangannya di Piala Dunia, dia mencetak 643 gol dalam 659 pertandingan resmi untuk klub Santos. Rekor luar biasa itu menambah 77 golnya dalam 92 pertandingan untuk Brasil.

Pele kini berjuang melawan kondisinya sejak didiagnosis menderita tumor di usus besarnya pada Agustus tahun lalu. Pele menjalani pengangkatan tumor dari usus besarnya pada September 2021.

Pernyataan dari Rumah Sakit Israelta Albert Einstein, Brasil, Sabtu mengatakan, Pele memiliki respons yang baik terhadap pengobatan untuk perawatan infeksi pernapasan. Ia juga menambahkan Pele sedang menjalani penilaian ulang pengobatan kemoterapi.

Penyerang legendaris itu didiagnosis menderita infeksi pernafasan dan pada hari Jumat rumah sakit mengatakan dia dalam kondisi stabil.

Pada tahun 2015, Pele menjalani operasi prostat dan mengalami infeksi saluran kemih lainnya pada 2019. Ia juga menderita efek jangka panjang dari prostesis pinggul sementara gerakan menjadi sulit karena masalah lutut.

Laporan Folha terbaru menyatakan bahwa kemonya kini telah ditangguhkan di Rumah Sakit Israelta Albert Einstein di Sao Paulo, tetapi Pele terus menerima pereda nyeri.

Perawatan paliatif digunakan untuk pasien dengan penyakit dan penyakit yang berpotensi mengancam jiwa.

Pele kembali masuk rumah sakit adalah karena pembengkakan umum dan dilaporkan gagal jantung. Namun, berita terbaru  dari putrinya, Kely meyakinkan para pendukung di seluruh dunia bahwa tidak ada alasan untuk khawatir.

Rumah sakit juga mengeluarkan pernyataan mereka sendiri untuk mengonfirmasi bahwa Pele telah dirawat dengan antibiotik untuk infeksi pernapasan dan kondisinya digambarkan "stabil" .

Para dokter menambahkan bahwa mantan pemain depan itu akan tetap di rumah sakit selama beberapa hari mendatang untuk perawatan.

Legenda Inggris Gary Lineker mengatakan, Pele masih menjalani perawatan dan tetap stabil. Itu yang terbaru yang kami dapatkan dari rumah sakitnya di Sao Paulo.

"Ini mengikuti laporan di Brasil dia memulai perawatan akhir hidup setelah tidak menjalani kemoterapi."

Pihak rumah sakit menyebutkan: 'Pele memiliki respons yang baik terhadap pengobatan untuk infeksi pernapasan. Dia sedang menjalani penilaian ulang pengobatan kemoterapi. "Jadi berita yang sedikit lebih baik yang menggembirakan," ujar mereka.

Sebuah posting di Instagram Pele menyusul pada hari Jumat di mana dia memberi tahu 10,6 juta pengikutnya dengan mengatakan: "Teman-teman, saya di rumah sakit melakukan kunjungan bulanan saya."

"Selalu menyenangkan menerima pesan positif seperti ini."

"Terima kasih kepada Qatar atas penghargaan ini, dan kepada semua orang yang mengirimkan saya getaran yang baik!," tulisnya.

Pada hari Sabtu, pernyataan terbaru mengatakan kondisi legenda pemain Brasil, Pele itu juga tidak memburuk dalam 24 jam terakhir. Sementara itu, pesan dukungan telah dikirim dari seluruh dunia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES