Olahraga Piala Dunia 2022

Singkirkan Spanyol lewat Adu Penalti, Maroko Melaju ke Perempat Final

Rabu, 07 Desember 2022 - 06:35 | 38.87k
Abdelhamid Sabiri melakukan selebrasi setelah mencetak gol dari titik penalti ke gawang Spanyol dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12/2022). (Foto: antara)
Abdelhamid Sabiri melakukan selebrasi setelah mencetak gol dari titik penalti ke gawang Spanyol dalam laga babak 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12/2022). (Foto: antara)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTAMaroko membuat sejarah dan kejutan di Piala Dunia 2022. Mereka mencapai perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya dengan menyingkirkan favorit Spanyol 3-0 (0-0) dalam sebuah drama adu penalti.

Pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Education City Stadium, Al-Rayyan, Doha, Rabu (7/12/2022) harus melewati adu penalti usai kedua tim imbang 0-0 hingga perpanjangan waktu usai.

Kiper Maroko Yaccine Bounou memainkan peran penting dalam kemenangan ini. Kiper yang bermain di klub Sevilla ini menggagalkan penalti dari Carlos Soler dan Sergio Busquets. Sementara itu, tendangan Pablo Sarabia yang menjadi penendang pertama Spanyol membentur tiang gawang.

Di kubu Maroko, Abdelhamid Sabiri dan Hakim Ziyech sebagai penendang pertama dan kedua berhasil mengonversi penalti mereka. Tetapi Badr Benoun sebagai penendang ketiga gagal mencetak gol karena digagalkan oleh Unai Simon. 

Wakil Afrika Utara itu akhirnya berpesta ketika Achraf Hakimi mengirim tendangan panenka untuk membuat Maroko memenangi adu tendangan penalti sekaligus lolos ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Dalam pertandingan ini, Spanyol mampu mendominasi penguasaan bola tetapi kesulitan menciptakan banyak peluang. Faktanya, mereka hanya melakukan satu upaya di babak pertama, jumlah tembakan terendah mereka dalam pertandingan Piala Dunia sejak 1966. Upaya terbaik mereka di babak pertama dihasilkan oleh Marco Asensio, yang tembakannya masih melebar.

Maroko-vs-Spanyol.jpgKiper Spanyol Unai Simon menghadang pergerakan pemain depan Maroko. Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2022 usai kalah adu penalti dengan Maroko. (foto: FIFA)

Beberapa menit terakhir menjelang waktu normal selesai, Yassine Bounou berhasil membuat penyelamatan gemilang. Ia menepis tendangan bebas dari Dani Olmo.

Di akhir perpanjangan waktu, pemain pengganti Pablo Sarabia punya kesempatan untuk mengunci kemenangan bagi Spanyol dan menghindari adu penalti. Bola tendangannya masih membentur tiang jauh. Itu seakan memberi pesan pada Maroko bahwa ini adalah malam mereka, dan itu terbukti dengan memenangi adu penalti dengan semua penendang Spanyol gagal mencetak gol.


Kekalahan Menyakitkan

"Sayang sekali. Diputuskan melalui adu penalti dengan cara yang paling kejam," kata Sergio Busquets seusai pertandingan yang dikutip AFP. "Ini sulit, sangat sulit bagi kami. Kami mencoba melemahkan, melelahkan mereka dan mencari ruang. Kami kurang beruntung dalam penyelesaian akhir."

Spanyol telah tersingkir dari tiga kompetisi besar terakhir mereka melalui adu penalti, kalah dari Rusia di Piala Dunia 2018 dan dari Italia di Euro 2020.

Dengan kemenangan ini, Maroko akan bertemu Portugal di babak perempat final Piala Dunia 2022. Portugal lolos ke babak 8 besar usai menang meyakinkan 6-1 atas Swiss. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES