Olahraga Piala Dunia 2022

Inggris vs Prancis, Duel Kelas Berat

Sabtu, 10 Desember 2022 - 15:00 | 26.95k
Juara bertahan Prancis akan menghadapi ujian sesungguhnya di Piala Dunia 2022 saat mereka berhadapan dengan Inggris di babak perempat final. (foto: FIFA)
Juara bertahan Prancis akan menghadapi ujian sesungguhnya di Piala Dunia 2022 saat mereka berhadapan dengan Inggris di babak perempat final. (foto: FIFA)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Duel antara Inggris vs Prancis di perempat final Piala Dunia 2022, Minggu (11/12/2022) dinihari nanti akan menjadi duel kelas berat sekaligus menjadi tes sesungguhnya bagi kedua pelatih, Gareth Southgate di kubu The Three Lions dan Didier Deschamps di kubu Les Bleus.

Pertemuan Inggris vs Prancis di  Al Bayt Stadium nanti akan menjadi duel yang bersejarah, karena menjadi pertemuan pertama di fase gugur di semua ajang kompetisi, dan menjadi yang pertama di Piala Dunia sejak 1982.

Advertisement

Pertandingan ini akan menyajikan kehebatan striker Prancis dan nominator kuat peraih Golden Boot, Kylian Mbappe yang sudah mencetak 5 gol, dan Marcus Rashford, striker Inggris, yang sudah mengemas 3 gol.

Di Piala Dunia 2022, Inggris sudah mencetak 12 gol sedangkan Prancis, sang juara bertahan sudah mengemas sembilan gol. Artinya, dua tim ini punya filosofi menyerang dan siap memberikan tontonan laga yang seru. 

Pemenang pertandingan ini akan menghadapi Portugal atau Maroko dalam babak semifinal.

Inggris Sudah Siap

Inggris-Marcus-Rashford.jpgStriker Inggris Marcus Rashford (tengah) akan beradu tajam dengan striker Prancis Kylian Mbape. (foto: FIFA)

Inggris telah berkembang menjadi tim yang menakutkan di Qatar. Kemenangan 3-0 mereka atas Senegal di babak 16 besar merupakan penampilan paling mengesankan mereka sejauh ini.

Southgate yang memimpin Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018, dan final Euro 2020 sebelum kalah oleh Italia mengatakan, kekalahan-kekalan tersebut telah membantu Inggris menjadi kuat. 

"Dalam hal pengalaman kami, pertandingan-pertandingan besar itu adalah referensi penting bagi tim," kata Southgate.

"Ada beberapa kekalahan yang menyakitkan yang mempersiapkan Anda untuk malam seperti besok, di mana Anda harus menjadi versi terbaik dari diri Anda. Kami siap melawan Prancis untuk memperebutkan tempat di semifinal."

Tanpa Kelemahan

Harry-Kane-Inggris.jpgKapten Inggris Harry Keane (tengah) akan memimpin rekan-rekannya menghadapi Prancis, yang menjadi favorit kuat juara Piala Dunia 2022. (foto: FIFA)

Pelatih Prancis, Didier Deschamps kepada BBC menyebut Inggris adalah tim yang tanpa kelemahan. Deschamps yang pernah menjuarai Piala Dunia bersama Prancis baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih memuji Inggris sebagai tim yang agresif. 

Menurutnya, Inggris berhasil menampilkan sepak bola yang menyerang. Ini dibuktikan dengan mereka menjadi tim dengan gol terbanyak dengan delapan pemain berbeda yang mencetak gol.

“Mereka tidak punya (kelemahan)," ucapnya.

"Kecepatan seringkali menjadi salah satu kunci pertandingan. Ketika cepat, lawan memiliki lebih sedikit waktu untuk diatur. Anda membutuhkan lebih dari sekedar kecepatan untuk mencetak gol. Anda dapat menghentikan banyak hal tetapi sangat sulit untuk menghentikan seseorang yang sangat cepat, terutama dalam transisi.

"Inggris sangat kuat di area itu dan mencetak banyak gol dengan serangan balik cepat. Mereka juga memiliki banyak kualitas lain dalam hal kemampuan teknis, kapasitas mencetak gol, dan berbahaya dalam situasi bola mati," lanjutnya.

Menghentikan Kylain Mbappe

Mbappe-Prancis.jpgKylian Mbappe dan Olivier Giroud duet maut Prancis di lini depan.

Sorotan dalam laga ini akan tertuju kepada Kylian Mbappe yang sudah mencetak lima gol di Piala Dunia 2022. Inggris yang tak mau kecolongan sudah menyiapkan bek sayap Kyle Walker untuk menghentikan Mbappe.

"Saya yakin Inggris bersiap menjinakkan dia, tetapi Kylian berada dalam posisi membuat perbedaan," kata Deschamps.

"Bahkan dalam pertandingan terakhirnya ketika tidak dalam performa terbaiknya, dia tetap menjadi penentu kemenangan (dengan mencetak dua gol saat Prancis menang 3-1 melawan Polandia)," kata Deschamps.

Tetapi pelatih Prancis ini tak cuma memiliki Mbappe karena dia juga mengoleksi pemain-pemain yang sama berbahaya dengan Mbappe, seperti striker veteran Antoine Griezmann, dan Olivier Giroud.

Prakiraan pemain Inggris:

(4-3-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw; Jude Bellingham, Declan Rice, Jordan Henderson; Bukayo Saka, Harry Kane, Phil Foden

Prakiraan pemain Prancis

(4-2-3-1): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES