Olahraga Piala Dunia 2022

Julian Alvarez Kunci Argentina Menghadapi Prancis

Sabtu, 17 Desember 2022 - 06:14 | 48.93k
Lionel Messi bersama Julian Alvarez akan menjadi kunci permainan Argentina di laga final melawan Prancis. (Foto: FIFA)
Lionel Messi bersama Julian Alvarez akan menjadi kunci permainan Argentina di laga final melawan Prancis. (Foto: FIFA)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kapten Argentina Lionel Messi menyebut Julian Alvarez "spektakuler" dan "luar biasa" setelah pemain berusia 22 tahun itu mencetak dua gol saat melawan Kroasia dan membantu mereka ke final Piala Dunia 2022.

Dua gol tersebut membawa Alvarez mengemas empat gol, satu gol lebih sedikit di bawah top scorers Piala Dunia 2022, Lionel Messi dan Kylian Mbappe.

Advertisement

Kini, Argentina, yang terakhir kali memenangi Piala Dunia di tahun 1986 akan menghadapi Prancis sang juara bertahan di partai final Piala Dunia 2022, Minggu (18/12/2022). 

“Tidak ada yang membayangkan Julian akan memiliki kontribusi dan menjadi sosok penting seperti yang ditunjukkannya,” kata Lionel Messi seperti dikutip dari BBC Sport. "Apa yang dilakukan dan berikan kepada kami benar-benar spektakuler."

Lionel Messi (35), telah mendominasi headlines di Qatar dengan penampilan luar biasa dalam piala dunia kelimanya dan yang terakhir.

Pemain PSG ini telah mencetak lima gol dan memberi asis untuk tiga gol dari total 12 gol Argentina di Piala Dunia 2022. Aksinya membuat kontribusi Alvarez sedikit tenggelam.

Tampil Mengejutkan

Julian Alvarez sama sekali tidak diprediksi tampil menonjol untuk Argentina di Piala Dunia 2022. Terlebih, dia tampil sebagai pemain pengganti dalam kekalahan mengejutkan 0-1 dari Arab Saudi. Alvarez yang bermain di Mancherster United juga menjadi pemain penganti dalam kemenangan atas Meksiko. Ketika itu, pelatih Lionel Scaloni memang lebih memilih Lautaro Martinez dari Inter Milan.

Julian-Alvarez.jpgJulian Alvarez menjadi pemain kunci Argentina selain Lionel Messi. (Foto: FIFA)

Alvarez telah memulai empat pertandingan sejak itu, yang berpuncak pada penampilannya yang mengesankan dalam kemenangan 3-0 di semifinal atas Kroasia, di mana ia dijatuhkan untuk gol pembuka Messi, sebelum mencetak sendiri dua gol berikutnya.

“Sepanjang Piala Dunia, tetapi juga pada hari Selasa, dia luar biasa,” tambah Messi. "Dia menjalankan segalanya. Dia berjuang untuk segalanya - menciptakan peluang, berjuang. Bagi kami, dia adalah penemuan yang mengejutkan, dan dia pantas mendapatkan semua yang telah terjadi padanya karena dia pria yang baik."

Manchester City mengontrak Julian Alvarez dari River Plate selama 5 setengah tahun dengan nilai 17 juta Euro pada Januari 2022. Namun, untuk saat ini, Alvarez masih dipinjamkan ke Rivel Plate hingag Juli tahun depan. 

Musim ini, striker muda ini sudah bermain 12 kali di Premier League, dan kebanyakan sebagai pemain penganti. Sejauh ini,  Julian Alvarez ssudah mencetak tiga gol untuk The Citizen.

Bermain Seperti Messi

Mantan bek Argentina dan City Pablo Zabaleta menyampaikan pujian untuk Julian Alvarez kepada BBC Sport.

"Dia bermain bersama Lionel Messi di depan dan tampaknya, dari luar, dia seperti: 'Messi - jangan lari. Saya akan melakukannya untukmu,' tambahnya.

"Anda membutuhkan hati yang besar [untuk melakukan itu]. Dia memulai di Piala Dunia dari bangku cadangan tetapi kemudian [mendapat] satu peluang dan dia brilian."

Julian-Alvarez-dan-Messi.jpgLionel Messi dan Julian Alvarez berpelukan untuk merayakan gol Argentina ke gawang Kroasia di babak semifinal Piala Dunia 2022. (Foto: FIFA)

Mantan gelandang Inggris Jermaine Jenas berkata: "Pada usia yang begitu muda, untuk naik ke panggung ini dan menampilkan performa seperti itu, pada saat itu untuk negaranya - luar biasa."

Penampilan Julian Alvarez di Qatar akan membuat fans Manchester City bersemangat dengan apa yang akan terjadi saat pemain ini kembali ke Inggris.

Dia telah membuat tujuh gol dalam delapan internasional. Dia menjadi pemain Argentina kedua yang mencetak empat gol di Piala Dunia saat berusia 22 tahun ke bawah, setelah Gonzalo Higuain pada 2010. 

Dan dia juga menjadi pemain termuda yang mencetak lebih dari satu gol di semifinal Piala Dunia sejak hat-trick legenda Brasil Pele dalam kemenangan 5-2 atas Prancis pada 1958. 

Dengan penampilannya yang brilian di Qatar, tak salah jika Lionel Messi menyebut Julian Alvarez sebagai pemain kunci yang bisa membawa Argentina meraih kejayaan di Piala Dunia 2022. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES