Olahraga Piala Dunia 2022

Rekor Lionel Messi Setelah Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022

Senin, 19 Desember 2022 - 12:00 | 45.21k
Lionel Messi saat mencium tropy Piala Dunia 2022 Qatar setelah membawa Argentina juara. (FOTO: Facebook Lionel Messi)
Lionel Messi saat mencium tropy Piala Dunia 2022 Qatar setelah membawa Argentina juara. (FOTO: Facebook Lionel Messi)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTALionel Messi memimpin Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022. Penyerang tersebut itu pun juga mengukir empat rekor usai pesta sepakbola sejagat tersebut.

Suami dari Antonella Roccuzzo itu mencetak dua gol saat timnya menekuk Prancis melalui adu pinalti 4-2 di final Minggu (18/12/2022) malam. Penyerang PSG itu membuka keunggulan Albiceleste dengan gol pinalti di babak pertama, dan mencetak gol krusial di extra time.

Advertisement

Dengan begitu, ia membukukan total tujuh gol ditambah tiga assist untuk Argentina dalam tujuh penampilannya. Jumlah gol ayah tiga anak itu nyaris separuh dari semua gol yang diciptakan Argentina di sepanjang Piala Dunia 2022 ini yakni 15 gol.

Performa Messi itu kemudian diganjar penghargaan Golden Ball sebagai tanda menjadi pemain terbaik Piala Dunia 2022 kali ini.

Tetapi, pemain yang kini sudah berusia 35 tahun itu tak pulang hanya dengan membawa trofi-trofi itu, namun mengukir sejumlah torehan individu. Lionel Messi juga menutup karirnya di Piala Dunia dengan sangat manis.

Berikut empat rekor Lionel Messi setelah membawa Argentina juara Piala Dunia 2022, sebagaimana dirangkum Opta Sports:

Pertama, Lionel Messi menjadi pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak gol di fase grup, babak 16 besar, perempatfinal, semifinal dan final di sebuah edisi turnamen.

Kedua, Lionel Messi terlibat langsung dalam 21 gol Argentina di Piala Dunia yakni 13 gol, 8 assist, lebih banyak dari siapapun untuk negara manapun di putaran final sejak 1966.

Ketiga, Lionel Messi membuat penampilan ke-26 di sebuah pertandingan Piala Dunia sehingga mematahkan rekor jumlah penampilan terbanyak yang dipegang oleh Lother Matthaeus.

Empat, Lionel Messi mengemas 26 gol di turnamen utama untuk Argentina yakni 13 gol di Piala Dunia, 13 gol di Copa America. Lionel Messi kini jadi pemain tersubur dalam sejarah sepakbola Amerika Selatan di kedua turnamen itu, melewati catatan Ronaldo Nazario.

Pemain Terbaik

Lionel Messi tak hanya sukses membawa Argentina juara Piala Dunia 2022, ia juga didapuk sebagai pemain terbaik dalam turnamen tersebut. Ia berhak atas Golden Ball setelah timnya mengalahkan Prancis. Kapten Argentina itu memang tampil impresif di sepanjang turnamen itu.

Sebanyak 7 gol dan 3 assist menandai kontribusi Lionel Messi Dalam 7 pertandingan Argentina. Torehan Messi hanya kalah dari top skor Piala Dunia 2022 yang jatuh ke tangan bomber Prancis yakni Kyalian Mbappe dengan delapan gol dan dua assist.

Kecuali dengan Polandia, mantan penyerang Barcelona itu tercatat selalu mencetak gol di 6 pertandingan Argentina lainnya termasuk menyarangkan dua ke gawang Prancis.

Golden Ball itu menandai trofi kedua Lionel Messi di dalam karirnya setelah meraihnya di Piala Dunia 2014 lalu. Tapi, Lionel Messi harus puas dengan predikat runner-up usai Argentina ditekuk Jerman 0-1 di final.

Adapun penghargaan lainnya adalah Golden Glove atau kiper terbaik yang diberikan kepada Emiliano Martinez. Kiper Argentina itu membuat tiga clean sheet, dan menampilkan performa impresif di final.

Ia melakukan penyelamatan atas sepakan Randal Kolo Mouani di penghujung laga dan menepis sepakan Aurelien Tchouameni saat tos-tosan.

Sementara itu, penghargaan pemain muda terbaik Piala Dunia 2022 jatuh pada gelandangan Argentina Enzo Fernandez. Pesebakbola berusia 21 itu ini sudah empat kali menjadi starter dalam tujuh penampilan untuk Argentina dengan sumbangan satu gol dan satu assist. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES