Olahraga

Piala AFF 2022, Thailand Waspadai Kualitas Individu Pemain Indonesia

Kamis, 29 Desember 2022 - 16:11 | 28.17k
Pemain Timnas Indonesia Syahrian Abimanyu (17) merayakam gol pertama Timnas Garuda saat melawan Brunei Darussalam pada laga Piala AFF di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022). (FOTO: ANTARA/HO-PSSI)
Pemain Timnas Indonesia Syahrian Abimanyu (17) merayakam gol pertama Timnas Garuda saat melawan Brunei Darussalam pada laga Piala AFF di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022). (FOTO: ANTARA/HO-PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTAIndonesia dan Thailand menghadapi laga penting yang menentukan langkah ke Piala AFF 2022, Kamis (29/12/2022) sore ini pukul 16.30 WIB di Stadion Utama Gelora Bung Karno. 

Indonesia dan Thailand sama-sama mengemas nilai 6 dari hasil dua kemenangan. Artinya, kemenangan bisa menjadi penentu untuk lolos dari Grup A sekaligus meraih tiket semifinal mengingat hanya dua tim teratas yang lolos.

Advertisement

Waspadai Kualitas Individu Timnas Indonesia

Pelatih tim nasional Thailand Alexandre Polking memuji kekuatan Indonesia. Menurutnya, pasukan Garuda mempunyai kualitas individu yang bagus. Selain itu, dalam pandangannya, pemain Indonesia punya fisik yang bagus.

"Pemain-pemain muda Indonesia terus berlari dan konsisten bertarung di lapangan. Mereka juga sangat kuat di koridor (sayap-)," ujar pelatih asal Brasil itu.

Menurut Alexandre, dua bek sayap Indonesia memiliki naluri menyerang yang kuat berlari ke pertahanan lawan nyaris tanpa henti. Terkait ini, dia memang tidak menyebutkan nama tetapi diduga kuat merujuk pada Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam. 

Indonesia juga disebutnya mempunyai dua gelandang pencegat (holding midfielder) yang berpengalaman.

Kehadiran bek tengah naturalisasi Jordi Amat juga disebut sebagai kekuatan Indonesia karena kemampuannya mengoper bola. "Jordi sangat bagus dengan bola dan membangun serangan," kata dia.

"Mereka bagus di sayap. Secara umum, Indonesia adalah tim berkualitas apik yang dilatih juru taktik berkualitas tinggi (Shin Tae-yong). Itulah kenapa mereka berbahaya," tutur Alexandre.

Timnas Indonesia Siapkan Strategi Kejutan 

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyatakan telah menyiapkan strategi untuk menghadapi tim Gajak Putih. Pelatih asal Korea Selatan ini mengaku telah melihat rekaman pertandingan Thailand saat melawan Kamboja dan Filipinda.

"Kita akan mempersiapkan tim sebaik mungkin untuk lawan Thailand nanti," kata pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Shin Tae-yong menambahkan. Pratama Arhan dan kawan-kawan juga dalam kondisi fisik yang bagus meski mengahadapi jadwal padat di Piala AFF. Yang pasti, beberapa pemain yang disimpan saat menang 7-0 atas Brunei Darussalam seperti pemain naturalisasi Jordi Amat, Marcelino Ferdinan hingga Fachruddin Aryanto akan sejak menit awal. 

Head to Head

Indonesia tidak memiliki rekor yang bagus saat bersua Thailand mulai tahun 1957. Dikutip dari laman 11v11.com, kedua tim bertemu 80 kali. Indonesia kalah 40 kali dan 25 kali menang. Sisanya berhakhir imbang.

Pada enam pertemuan terakhir sejak tahun 2016, Indonesia bahkan tidak mampu mengalahkan Thailand. Sepanjang itu, Indonesia cuma mampu memaksakan dua hasil seri dan sisanya tuntas dengan kekalahan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES