Olahraga

Probolinggo Kembangkan Sport Tourism Melalui Cabor Ski Air

Minggu, 08 Januari 2023 - 20:18 | 33.80k
Atlit PSAWI saat berlatih Ski Air di Obyek Wisata Kum-Kum PPI Mayangan Kota Probolinggo. (Foto: PSAWI For TIMES Indonesia)
Atlit PSAWI saat berlatih Ski Air di Obyek Wisata Kum-Kum PPI Mayangan Kota Probolinggo. (Foto: PSAWI For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOKONI Kota Probolinggo, Jawa Timur, mengembangkan sport tourism melalui cabang olahraga atau Cabor Ski Air. Sesuai namanya, sport tourism memadupandankan dua hal: olahraga dan wisata.  

Cabor Ski Air tergabung dalam Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia atau PSAWI. Di Kota Probolinggo, PSAWI baru terbentuk dan bergabung di bawah naungan KONI Kota Probolinggo, awal 2022. 

Advertisement

Meski baru, Cabor Ski Air ini memiliki potensi yang luar biasa.  

Ketua PSAWI Kota Probolinggo, Firly Wulandari mengatakan Cabor Ski Air memiliki potensi yang luar biasa.

“Ini karena Kota Probolinggo juga berada di wilayah pesisir yang dekat dengan pantai,” kata Firly saat dihubungi TIMES Indonesia, Minggu (08/01/2023).

Saat ini cabor Ski Air memiliki tiga calon atlit yang bisa diandalkan. Mereka dipersiapkan untuk menghadapi open tournamen Ski Air tingkat regional Jawa Timur, yang rencananya digeber di Kota Probolinggo, Mei 2023. 

Ada tiga kelas yang akan diikuti. Yaitu slalom atau menggunakan papan satu, kelas trik yang menggunakan dua papan, dan kelas jumping. 

Dengan akan adanya open tournament ini, Firly berharap kerjasama yang baik dari seluruh pihak. 

“Saya berharap dukungan dari seluruh pihak atas Cabor Skir Air di Kota Proboinggo ini. Dan untuk para atlet agar terus tekun berlatih,” harap Firly. 

Saat ini PSAWI melatih para atlet Ski Air di dua tempat. Yakni di area tambak Dinas Perikanan Kota Probolinggo di Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan. Tambak ini digunakan untuk kelas pemula.

Sedangkan untuk kelas profesional, view yang digunakan adalah obyek wisata Kum-kum di area PPI Mayangan, Kelurahan/Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. 

Diketahui, sport tourism atau wisata olahraga merupakan kegiatan olahraga out door yang berada di alam terbuka. Dua hal ini dikombinasikan sekaligus untuk memperkenalkan atau mempromosikan wisata di suatu daerah. 

Nah, untuk mengenalkan potensi wisata di Kota Probolinggo, KONI menggandeng beberapa cabor yang bernaung di bawahnya, untuk lebih memperkenalkan wisata yang ada. 

Cabor- cabor tersebut di antarannya Ski Air yang menggunakan view Wisata Kum-kum di PPI Mayangan; dan Pacuan Kuda yang menggunakan view latihan Pantai Permata, Pilang Kota Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES