Olahraga

Catat Tanggalnya! WSBK 2023 Kembali Digelar di Sirkuit Mandalika

Jumat, 13 Januari 2023 - 06:02 | 33.81k
 (ka-ki) Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka, Ketua Umum IMI yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Direktur Utama MGPA Priandhi Satria memegang papan SBK sebagai tanda diluncurkannya WSBK 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika. (FOTO: Fahm
(ka-ki) Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka, Ketua Umum IMI yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Direktur Utama MGPA Priandhi Satria memegang papan SBK sebagai tanda diluncurkannya WSBK 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika. (FOTO: Fahm

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ajang balap internasional World Superbike (WSBK) kembali diigelar di Indonesia pada 2023. WSBK 2023 bakal kembali dihelat di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) sebagai bagian dari ITDC Group akan menggelar WSBK Indonesian Round 2023 yang pada 3 - 5 Maret 2023 mendatang. 

Advertisement

“ITDC dan MGPA siap untuk kembali menyelenggarakan WSBK ketiga kalinya pada 3-5 Maret 2023,” ucap Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka dalam konferensi pers peluncuran WSBK tahun 2023 di Hard Rock Cafe, Kamis (12/1/2023). 

WSBK-2023-b.jpgDirektur Operasi ITDC Troy Reza Warokka. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia)

Menurut pria yang akrab disapa Troy ini, kesuksesan WSBK 2022 yang diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika pada November lalu telah menunjukkan antusiasme masyarakat dalam kegiatan balap motor tersebut. 

“Jumlah penonton yang menyentuh lebih dari 50.000 orang pada WSBK 2022 menunjukkan antusiasme publik pada gelaran dunia ini serta kepercayaan terhadap keamanan, kenyamanan, serta sarana dan pra sarana di sekitar Pertamina Mandalika International Circuit.,” ujar Troy.

Selain itu, kata Troy, atas keberhasilan WSBK 2022, Indonesia membuktikan kemampuannya sebagai tuan rumah. 

“ITDC dan MGPA siap untuk kembali menyelenggarakan WSBK ketiga kalinya dan siap menunjukkan kemampuan Indonesia sebagai tuan rumah event kelas dunia WSBK, kali ini dalam membuka musim baru,” kata Troy.

WSBK Mandalika 2023 Berdampak Positif

Troy menambahkan, event WSBK 2022 telah memberikan dampak positif di antaranya penyerapan tenaga kerja, pelibatan UMKM, peningkatan okupansi rata-rata hotel di kawasan dan sekitarnya, omzet sejumlah pelaku wisata, hingga perputaran ekonomi sebesar Rp24,38 miliar. 

“Kehadiran WSBK 2023 kami yakini dapat kembali memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat seiring dengan pemulihan pariwisata pasca dicabutnya kebijakan PPKM,” kata Troy.

WSBK-2023-c.jpgKetua Umum IMI yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (FOTO: Fahmi/TIMES Indonesia) 

Pada musim ini, Indonesia mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah seri kedua di WSBK 2023 setelah seri pembuka di Phillip Island, Australia. Menurutnya, Indonesia mendapat kesempatan untuk melihat kesiapan pembalap memulai seri di musim 2023. 

Peluncuran WSBK 2023 ini ditandai dengan dimulainya penjualan tiket menonton WSBK 2023 mulai Kamis, 12 Januari 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi beroperasinya kembali Sirkuit Mandalika yang jadi kebanggaan Indonesia untuk digunakan kembali pada ajang WSBK 2023. 

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu menjelaskan, hadirnya WSBK 2023 akan menggerakkan perekonomian tidak hanya di wilayah Mandalika NTB, tetapi juga wilayah sekitarnya seperti Bali. 

“Tidak saja wilayah NTB saja tapi juga wilayah Bali kemarin ikut merasakan pertumbuhan ekonomi. Contohnya, ratusan mobil sewaan harus dikirim dari Bali, meskipun Bali tidak memiliki sirkuit Mandalika tetapi dampak ekonominya terasa sampai ke Bali,” ujar Ketua MPR RI itu. 

“Hadirnya event WSBK turut mendorong berkembangnya ekosistem motorsport di Indonesia, membangun perekonomian NTB pada khususnya serta menjadi country branding Indonesia kepada dunia,” sambung Bamsoet. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES