Olahraga

Hadapi Porprov Jatim 2023, Pelatih dan Atlet KONI Probolinggo Dihipnotis

Sabtu, 18 Maret 2023 - 16:45 | 58.37k
Hipnosis yang dilakukan oleh instruktur hipnoterapi pada para manager dan pelatih. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)
Hipnosis yang dilakukan oleh instruktur hipnoterapi pada para manager dan pelatih. (Foto: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Ratusan pelatih serta atlet cabang olahraga (cabor) di bawah naungan KONI Kabupaten Probolinggo dihipnotis, Sabtu (18/3/2023). Itu dilakukan untuk memacu semangat mereka dalam menghadapi Porprov Jatim 2023 mendatang.

Ketua Satgas Porprov Jatim 2023 pada KONI Kabupaten Probolinggo, Budi Eko Prasetyo menyampaikan, hipnotis yang dilakukan berupa metode hipnoterapi atau biasa disebut hipnosis. 

Metode ini berguna untuk memacu semangat para manajer, pelatih serta atlet. Agar mereka termotivasi menghadapi ajang bergengsi tingkat provinsi mendatang. Sehingga para atlet, utamanya, siap secara mental menghadapi para lawan-lawannya.

"Pembekalan dan motivasi kepada tim manajer, kapala pelatih dan atlet persiapan porprov adalah sebuah ikhtiar KONI untuk menyamakan visi serta menumbuhkan semangat yang tinggi dalam mempersiapkan diri menghadapi event Porprov," kata Budi.

Harapanya, lanjut Budi, para tim manajer mampu melayani pelatih serta atletnya dengan baik. Baik sebelum event hingga selesai pertandingan. Sebab, motivasi ini sangat penting untuk menumbuhkan semangat positif pada para pelatih dan atlet.

"Pelatih agar mampu melatih atletnya menjadi juara, dan atlet punya motivasi serta semangat yang tinggi dalam berlatih, serta mau bekerja keras dan disiplin," ujarnya.

Dalam pendampingan dan motivasi itu, para manager dan atlet diberikan materi serta dilatih metode hipnosis. Agar nantinya mereka bisa mempraktekkan pada atlet untuk bisa mengatur tensi semangatnya selama menghadapi ajang Porprov Jatim 2023.

Sedangkan hipnosis bagi  atlet dilakukan untuk memacu semangatnya dalam berlatih dan belajar keras dalam menghadapi pekan olahraga bergengsi ini. Mereka diberi motivasi dengan cara menyentuh alam bawah sadar masing-masing atlet.

"Dengan hipnosis ini para atlet bisa memacu semangatnya dua kali lipat daripada biasanya. Bahkan, mereka bisa memotivasi diri mereka nantinya," ungkap Fathul Qorib, Instruktur Hipnoterapi Kabupaten Probolinggo.

Dikutip dari situs https://www.porprovjatim.com/2022/, KONI Kabupaten Probolinggo bertengger di peringkat 29 dari 38 kabupaten/kota di Jatim, dalam perolehan medali pada ajang Porprov Jatim 2022.

Di ajang perlombaan multicabang olahraga tingkat provinsi tersebut, kontingen KONI Kabupaten Probolinggo mengemas 28 medali, terdiri dari tujuh medali emas, lima medali perak, serta 16 medali perunggu. Nilai total yang diraih adalah 54.

Saat ini KONI Kabupaten Probolinggo telah melakukan sejumlah upaya menghadapi Porprov Jatim 2023 mendatang. Sesuai rencana, Porprov Jatim 2023 akan digelar di Sidoarjo Raya. Meliputi Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto. 

Bagaimana kiprah KONI Kabupaten Probolinggo di ajang Porprov Jatim 2023 nanti? Kita tunggu saja (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES