Olahraga

Muhadjir Effendy Resmi Buka FORNAS VII 2023 di Bandung

Minggu, 02 Juli 2023 - 23:46 | 85.97k
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (FOTO: tangkap layar)
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (FOTO: tangkap layar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Diselenggarakan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy resmi buka Festival Olahraga Masyarakat (FORNAS VII 2023).

Dalam sambutannya ia mengatakan, dalam membangun manusia Indonesia, yang cerdas, berkarakter, serta berakhlak mulia, salah satunya harus mengolahragakan olahraga. Hal itu selaras dengan apa yang sudah dilakukan oleh FORNAS VII 2023 ini.

Advertisement

"Yang kedua, dalam kaitannya dengan olahraga telah diterbitkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 yaitu tentang Keolahragaan Olahraga Nasional," katanya.

Dalam Undang-undang tersebut, kata tokoh Muhammadiyah itu, salah satunya yakni dalam rangka untuk membentuk karakter, membentuk jiwa sportivitas, membentuk jiwa kedisiplinan serta produktif.

"Kemudian yang ketiga, olahraga prestasi yang selama ini sudah kita laksanakan dengan raihan prestasi di semua level nasional, regional, bahkan di tingkat Internasional, selama ini yang tidak dikenal adalah olahraga masyarakat," jelasnya.

"Karena itu momentum pada malam hari ini, momentum yang strategis dalam rangka untuk memasyarakatkan, menggelorakan olahraga masyarakat," tambahnya.

Ia menyampaikan, peranan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) sangat besar untuk generasi Indonesia yang berkelanjutan. 

"Tanpa KORMI mungkin tidak akan terjadi peristiwa malam ini yang luar biasa ini. Karena itu, atas nama pemerintah kami saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum KORMI dan seluruh jajaran," ujarnya. 

Diberitakan sebelumnya, FORNAS VII 2023 ini diikuti oleh 20 ribu lebih pegiat olahraga, dari 38 provinsi di seluruh Indonesia, meliputi masyarakat dari banyak lapisan dan usia, termasuk anak-anak, pelajar, mahasiswa, dewasa hingga kaum profesional.
 
FORNAS VII 2023 ini akan di gelar di 37 venue yang tersebar di empat wilayah Kabupaten Bandung, yakni Kecamatan Kutawaringin, Kecamatan Soreang, Kecamatan Rancabali, dan Kecamatan Margahayu.

FORNAS VII 2023 akan menampilkan berbagai jenis olahraga ekshibisi dari 85 Induk Organisasi Olahraga Masyarakat (INORGA) anggota KORMI.

Beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingan di antaranya adalah senam kebugaran, yoga, tai chi, olahraga pernapasan, dan barongsai. 

Selain itu, akan digelar juga cabang olahraga lainnya seperti eSports, airsoftgun, panahan tradisional, layang-layang, dan pencak silat. 

Penyelenggaraan FORNAS VII 2023 juga akan dimeriahkan dengan acara Sport Expo and Sports Fashion, Festival Pencak Silat Tradisi, Seminar Olahraga, dan bazar UMKM. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

Konten promosi pada widget ini bukan konten yang diproduksi oleh redaksi TIMES Indonesia. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES