Olahraga

Timnas Indonesia vs Uzbekistan, Berharap Pada Ketajaman Ramadhan Sananta

Kamis, 28 September 2023 - 08:30 | 74.83k
Striker Ramadhan Sananta akan menjadi tumpuan Timnas Indonesia saat menghadapi Uzbekistan di 16 Besar Asian Games 2023. (foto: PSSI)
Striker Ramadhan Sananta akan menjadi tumpuan Timnas Indonesia saat menghadapi Uzbekistan di 16 Besar Asian Games 2023. (foto: PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTATimnas Indonesia berharap dapat meningkatkan performa lini serangan mereka saat menghadapi Uzbekistan di babak 16 besar Asian Games 2023.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke babak ini setelah mengawali perjalanan mereka dengan kemenangan 2-0 melawan Kirgistan, namun kemudian mengalami kekalahan 0-1 dari Taiwan dan 0-1 dari Korea Utara.

Kualifikasi ke babak 16 besar dilakukan berdasarkan perhitungan poin dan sistem kelolosan, di mana Indonesia berhasil melaju setelah Kirgistan mengalahkan Taiwan dengan skor 4-1, sehingga Indonesia menjadi salah satu tim peringkat ketiga terbaik.

Setelah kekalahan dari Korea Utara, pelatih Indra Sjafrie telah memanggil pemain tambahan untuk memperkuat timnya di babak 16 besar. Salah satu pemain yang dipanggil adalah Ramadhan Sananta dari Persis Solo, yang telah berada di China sejak Selasa lalu. Harapannya adalah bahwa Ramadhan Sananta dapat memberikan solusi untuk meningkatkan produktivitas lini depan timnas, terutama saat menghadapi pertahanan tangguh dari lawan.

Timnas Indonesia Minim Penyerang

Timnas Indonesia memang memiliki sedikit opsi penyerang murni dalam skuad mereka. Pelatih Indra hanya memiliki Titan Agung yang bermain sebagai penyerang tengah. Meskipun Titan mencetak dua gol saat mengalahkan Kirgistan, ia jarang mendapat kesempatan penuh bermain, bahkan tidak dimainkan sama sekali dalam pertandingan melawan Korea Utara. Timnas U-24 cenderung mengandalkan pemain sayap untuk menciptakan peluang.

Ramadhan Sananta memiliki pengalaman bermain dengan beberapa anggota timnas U-24 yang juga merupakan pemain timnas U-23. Selama SEA Games 2023, ia menyumbangkan lima gol yang membantu tim U-23 meraih medali emas. Ramadhan Sananta juga bermain untuk timnas U-23 pada Piala AFF U-23 Agustus lalu, meskipun hanya mencetak dua gol, ia mampu memberikan tekanan besar pada pertahanan lawan.

Head to Head Indonesia vs Uzbekistan

Dalam pertemuan sebelumnya di level senior, timnas Indonesia telah dua kali bertemu dengan Uzbekistan, dengan hasil imbang 1-1 dalam pertemuan pertama dan kekalahan 3-0 dalam pertemuan kedua pada kualifikasi Piala Dunia zona Asia 1997. Timnas U-23 juga pernah bermain imbang 0-0 melawan Uzbekistan pada PSSI Anniversary Cup 2018, sementara timnas U-20 bermain imbang 0-0 dengan Uzbekistan pada Piala Asia U-20 pada Maret lalu. Oleh karena itu, Timnas Indonesia masih memiliki harapan untuk mencapai hasil imbang dan kemungkinan adu penalti dalam pertandingan melawan Uzbekistan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES