Olahraga

Lestarikan Warisan Budaya, KORMI Majalengka Gelar Festival Olahraga Tradisional

Sabtu, 04 November 2023 - 12:43 | 80.65k
Devile KORMI Kabupaten Majalengka di acara festival olahraga tradisional masyarakat. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Devile KORMI Kabupaten Majalengka di acara festival olahraga tradisional masyarakat. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menggelar kegiatan festival olahraga tradisional masyarakat.

Ketua KORMI Majalengka, Hj. Lilis Yuliasih, menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan festival olahraga itu digelar guna mengembangkan dan membudayakan olahraga masyarakat di Kabupaten Majalengka.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja KORMI Majalengka dan juga merupakan ajang pencarian bakat bagi para pegiat, sekaligus sebagai sarana peningkatan partisipasi masyarakat agar giat berolahraga," ungkap Lilis Yuliasih, Sabtu (4/11/2023).

Selain itu juga, lanjutnya, inti dari kegiatan tersebut guna mendorong, memotivasi dan memfasilitasi masyarakat untuk mengenal dan melestarikan olahraga tradisional sebagai warisan budaya.

Lilis menyampaikan, rumpun olahraga yang terdapat di KORMI Majalengka pada saat devile dalam festival yang digelarnya itu ada tiga rumpun yakni rumpun kesehatan dan kebugaran, rumpun komisi tradisional dan kreasi budaya, serta rumpun olahraga petualangan dan tantangan.

"Untuk peserta yang hadir mengikuti festival olahraga tradisional ini sebanyak 10 ribu orang dari 26 kecamatan se-Kabupaten Majalengka yang terdiri dari jenjang pendidikan satuan SD dan masyarakat," sebutnya.

Selanjutnya, mengenai induk olahraga rekreasi yang difestivalkan diikuti 700 pegiat olahraga tradisional dengan waktu pelaksanaannya digelar selama dua hari, terhitung dari sekarang hingga besok.

Festival olahraga masyarakat yang berlangsung hari ini diikuti oleh seluruh satuan pendidikan mulai dari PAUD, SD dan SMP. Kemudian, hasil penjaringan dari kegiatan ini kemudian akan dipersiapkan untuk melahirkan prestasi di jenjang tingkat provinsi dan nasional.

Lilis menyatakan, walaupun keberadaan KORMI di Kabupaten Majalengka belum genap 1 tahun namun telah berhasil menyumbangkan medali emas untuk festival olahraga kreasi tingkat nasional Fornas VII di Bandung.

"Mohon doa restu dari semuanya ya, KORMI Majalengka di tahun 2024 akan mengikuti festival olahraga rekreasi tingkat provinsi, kemudian juga di tingkat nasional Fornas VIII di Mandalika, NTB," tuturnya.

Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh jajaran KORMI Majalengka. Menurut bupati, meskipun masih dalam usia dini, namun dengan festival olahraga rekreasi yang digelarnya itu, KORMI Majalengka telah menunjukkan keseriusan dalam membangun struktur organisasi.

Dikatakannya, bahwa kegiatan tersebut mencerminkan komitmen jajaran pengurus KORMI Majalengka dalam membangun konsolidasi organisasi, mendukung program dari level kabupaten hingga kecamatan dan desa.

"Ini penting karena organisasi perlu memiliki kekuatan dan budaya untuk menggerakkan potensi yang ada," ujar Bupati Majalengka, Karna Sobahi.

Bupati juga mendorong Ketua KORMI Majalengka dan jajarannya untuk terus melakukan pembenahan dan konsolidasi organisasi guna menciptakan olahraga tradisional yang memiliki peran penting dalam masyarakat.

Ia pun berpendapat, secara alamiah olahraga tradisional merupakan awal sejarah terbentuknya berbagai jenis olahraga modern. Oleh karena itu sangatlah penting keberadaan olahraga tradisional untuk tetap dipelihara secara utuh dan harus menjadi gerak dan milik rakyat.

Untuk itu, maka Bupati Majalengka Karna Sobahi menekankan, bahwa olahraga tradisional harus menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, dan ia berharap KORMI Majalengka akan menjadi pionir dalam menjadikan olahraga tradisional sebagai gerakan massa yang berdampak positif pada kesehatan masyarakat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES