Olahraga

Ketua PABSI Eko Agus Koko Terpilih Jadi Ketua Umum KONI Kota Kediri

Sabtu, 04 November 2023 - 22:32 | 41.30k
Ketua Umum KONI Kota Kediri terpilih Eko Agus Koko (kiri) (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)
Ketua Umum KONI Kota Kediri terpilih Eko Agus Koko (kiri) (Foto: Yobby/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – KONI Kota Kediri memiliki nahkoda baru. Musyawarah olahraga Kota Kediri 2023, yang berlangsung Sabtu (4/11/2023) memunculkan nama Eko Agus Koko atau yang akrab disapa Koko sebagai ketua umum KONI Kota Kediri yang baru. 

Sebagai ketua umum terpilih, Koko menegaskan, ada sejumlah hal yang harus dibenahi untuk memajukan prestasi olahraga Kota Kediri. 

Pengembangan atlet menjadi salah satu fokus mengingat kejuaraan level daerah seperti Porprov dan Kejurda masih jauh. Porprov Jatim mendatang baru akan digelar pada tahun 2025 nanti. Adapun PON akan dihelat tahun 2024 nanti. 

Rencana pengembangan atlet tersebut termasuk di dalamnya terkait pemusatan latihan, intensif atlet, serta sarana dan prasarana masing-masing cabang olahraga.  

"Rancangan untuk pemusatan latihan kota (puslatkot) waktunya mungkin lebih panjang. Program yang belum pernah tersentuh, cabor yang mungkin kekurangan alat akan kita evaluasi agar lebih bagus," ujar Koko. 

Sementara, untuk intensif, Koko berharap ada peningkatan nominal intensif yang didapat atlet. Hal itu bisa membantu para atlet untuk tetap fokus membela Kota Kediri dan tidak bergabung dengan daerah lain.

"Dinaikkan 30 persen sudah bagus sebenarnya. Cabor-cabor berprestasi akan lebih baik didahulukan," tambahnya.  

Awalnya, penjaringan calon Ketua Umum KONI Kota Kediri memunculkan tiga nama kandidat yakni Koko, Reza Darmawan, dan Heru Marwanto. Pada tahapan pemilihan, Koko mendominasi dengan raihan 29 suara, mengungguli Reza Darmawan yang meraih 12 suara dan Heru Marwanto dengan 2 suara. 

Proses pemilihan sendiri menggunakan sistem voting, dimana para voter adalah masing-masing cabang olahraga yang hadir dalam musyawarah olahraga kota Kediri tersebut. 

Dengan kemenangan tersebut Koko terpilih secara resmi sebagai Ketua Umum KONI Kota Kediri untuk masa bakti 2023-2027, menggantikan ketua umum sebelumnya, Kwin Atmoko. 

"Kita akan segera membentuk tim formatur. Waktunya sekitar 2 minggu. Kita cari mereka yang pantas di bidang tersebut, kerja tim akan kita utamakan," tutur pria yang juga Ketua Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Kota Kediri tersebut.

Pada Porprov Jatim 2023 beberapa saat lalu Kota Kediri berhasil merebut posisi empat dengan raihan 56 emas, 37 perak, dan 56 perunggu. Dari total medali tersebut, Tim PABSI Kota Kediri yang dipimpin ketua umum KONI Kota Kediri yang baru ini menyumbangkan 13 emas, 6 perak, dan 6 perunggu dan berhak menjadi juara umum dalam kejuaraan tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Hendarmono Al Sidarto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES