Olahraga

Presiden RI Jokowi Resmikan Kantor FIFA di Jakarta

Jumat, 10 November 2023 - 15:21 | 30.96k
 Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Kantor FIFA di Jakarta pada Jumat (10/11/2023). (FOTO: ANTARA/Yashinta Difa)
Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Kantor FIFA di Jakarta pada Jumat (10/11/2023). (FOTO: ANTARA/Yashinta Difa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – v class="flex flex-col flex-grow gap-3 gizmo:gap-0 max-w-full">

Presiden RI Jokowi meresmikan pembukaan kantor Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) di Istana Negara, Jakarta pada hari Jumat (10/11/2023).

Presiden RI Jokowi mengatakan keputusan FIFA untuk menetapkan Jakarta sebagai kantor tetap Asia-hub, adalah bukti nyata bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan persepakbolaan di tingkat global.

Usai memberikan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama kepada Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Negara, Jumat (10/11/2023), Presiden RI Jokowi menegaskan komitmen pemerintah Indonesia untuk mendukung dan memfasilitasi FIFA dalam meningkatkan integritas dan kualitas sepak bola Indonesia.

Presiden RI Jokowi juga menyatakan kesiapan Indonesia untuk bekerja sama dalam mengembangkan infrastruktur olahraga yang memadai serta melatih, mendidik, dan mengembangkan bakat-bakat muda sepak bola.

Pemerintah juga akan memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara Indonesia dengan komunitas sepak bola dunia.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada FIFA atas kepercayaan, atas komitmen terhadap sepak bola Indonesia, atas dukungan yang begitu besar bagi dunia persepakbolaan Indonesia,” ucap Presiden RI Jokowi.

Presiden RI Jokowi berharap kehadiran FIFA di Jakarta menjadi langkah awal untuk mencetak prestasi gemilang bagi persepakbolaan Indonesia, meningkatkan kualitas kompetisi di seluruh Indonesia, dan menginspirasi anak-anak muda untuk meraih impian, memperkuat sportivitas, dan menaklukkan dunia.

"Sekali lagi, terima kasih Presiden Gianni atas kontribusi Anda terhadap pengembangan persepakbolaan Indonesia. Dan terima kasih juga atas kepercayaan Anda terhadap Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17," ujar Presiden RI Jokowi, menyampaikan harapannya agar ini menjadi langkah awal untuk semakin banyak penyelenggaraan acara FIFA di Indonesia.

Sementara Gianni Infantino, Presiden FIFA, menyebut Indonesia sebagai salah satu negara terkemuka untuk sepak bola di Asia dan dunia. Dalam pandangannya, besarnya populasi Indonesia dan semangat serta kecintaan masyarakat terhadap sepak bola merupakan modal penting yang harus terus dikembangkan untuk memajukan dunia sepak bola.

"Sepak bola adalah olahraga nomor satu di Indonesia. Namun, yang penting kita tidak hanya fokus pada sepak bola di Indonesia, tetapi bagaimana bisa memainkan peran penting di Asia dan dunia," ujar Gianni.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Gianni menyatakan bahwa FIFA siap bekerja sama lebih erat dengan Indonesia, termasuk dengan membuka Kantor FIFA di Jakarta. Keputusan ini, menurutnya, dilatarbelakangi oleh tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, tahun lalu yang menimbulkan ratusan korban jiwa dan luka-luka.

Dengan kehadiran kantor FIFA di Jakarta, federasi ini akan lebih intensif membantu asosiasi sepak bola Indonesia dengan menyediakan berbagai ahli persepakbolaan.

“Dengan berkantor di sini, kami memiliki pakar yang berbeda-beda dalam hal hubungan dengan asosiasi nasional, tidak hanya untuk Indonesia, tetapi untuk seluruh Asia Timur. Ahli di bidang keselamatan dan keamanan, juga ahli di stadion dalam memerangi pengaturan skor dan penyakit sepak bola lainnya. Juga yang terpenting, ahli dalam hal mengorganisasi kompetisi pengembangan pemain. Semua pusat keunggulan ini akan berbasis di Jakarta dan hasilnya akan segera terlihat,” tutur Gianni.

Dengan peresmian kantor FIFA di Jakarta oleh Presiden RI Jokowi ini, Indonesia semakin berpotensi menjadi pusat kegiatan sepak bola di Asia dan dunia, sambil terus memajukan kualitas dan integritas persepakbolaan di tanah air. Keputusan positif ini juga diharapkan membawa dampak positif terhadap kompetisi sepak bola di seluruh Indonesia, memotivasi generasi muda untuk berprestasi, dan meraih keberhasilan di kancah internasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES