Olahraga

Timnas Indonesia vs Irak, Shin Tae-yong: Kami Siap!

Kamis, 16 November 2023 - 09:18 | 39.51k
Pemain Timnas Indonesia dalam sesi latihan resmi di Stadion Internasional Basra, Irak jelang laga melawan Irak di kualifikasi Piala Dunia 2023. (Foto: PSSI)
Pemain Timnas Indonesia dalam sesi latihan resmi di Stadion Internasional Basra, Irak jelang laga melawan Irak di kualifikasi Piala Dunia 2023. (Foto: PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pelatih Shin Tae-yong memastikan Timnas Indonesia telah siap menghadapi Irak, baik dari segi strategi maupun mental. Ia juga meminta pasukan Garuda untuk bermain lepas dalam menghadapi tuan rumah yang akan didukung penuh suporter.  

Pertandingan Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran kedua yang digelar di Stadion Internasional Basra, Irak, Kamis (16/11/2023) pukul 21.45 WIB dipastikan membawa tekanan bagi pemain Timnas Indonesia.

65 Ribu pendukung tuan rumah dipastikan hadir untuk memberi semangat pemain Irak sekaligus memberi teror kepada pemain Timnas Indonesia.

Menghadapi tekanan 65 ribu suporter yang akan memadati stadion saat laga nanti, Shin Tae-yong mengatakan pemainnya tak gentar, karena sudah siap mental.

"Sebagaimana saya sebutkan sebelumnya, ini adalah laga tandang di kandang Irak. Hampir semua suporter sepak bola di Asia memiliki antusiasme tinggi terhadap olahraga ini. Saya tahu fans timnas Irak akan mendukung penuh tim mereka," jelasnya dalam jumpa pers jelang laga, di Hotel Minawi Pasha, Basra, Rabu (15/11/2023).

"Namun saya juga telah meminta para pemain kami untuk menikmati setiap momen pertandingan walau dukungan suporter tidak sebanyak yang diterima tuan rumah tapi kami akan mengusahakan yang terbaik untuk menciptakan peluang bagi. Selain itu para pemain kami juga lebih siap secara mental untuk laga ini," sambungnya.

Pelatih asal Korea Selatan ini menegaskan bahwa persiapan tim sudah semakin baik. Seperti diketahui, Asnawi dan kawan-kawan sudah berada di Basra, Irak selama empat hari, selama itu juga mereka rutin latihan penyesuaian iklim dan cuaca.

"Ini adalah laga tandang pertama kami. Kami menyadari Tim Irak lebih kuat dibandingkan kami, dan memiliki para pemain berbakat. Namun kami juga memiliki persiapan yang bagus sejauh ini, jadi kami akan berusaha memberikan penampilan terbaik kami di pertandingan besok," ucapnya

Di atas kertas, Irak selalu menang atas Indonesia, sebelumnya. Dari 11 pertemuan sebelumnya, skuad Garuda hanya mencatatkan dua kemenangan, tiga hasil imbang dan menelan enam kekalahan. Pada dua pertemuan terakhir kedua tim di ajang kualifikasi Piala Asia 2015, Indonesia tercatat menelan dua kali kekalahan dari Irak.

Menghadapi data tersebut, Shin Tae-yong memberikan penegasan.

"Saya tidak tahu mengenai statistik sebelumnya, yang saya tahu apa yang telah menjadi masa lalu itu sudah lewat. Indonesia memiliki pelatih lain (berbeda) selama beberapa tahun terakhir. Sebagai pelatih timnas kami (tim kepelatihan) telah ditantang untuk membawa perubahan di sepak bola Indonesia. Anda bisa melihat hasilnya di pertandingan besok," tuturnya.

Sementara itu Jordi Amat menjelaskan bahwa pertandingan besok akan menjadi pertandingan berat bagi timnya. "Kami tahu Irak adalah tim yang kuat. Tapi dapat saya pastikan Timnas Indonesia akan memberikan seratus persen di lapangan. Anda akan melihat 11 pemain yang berjuang merebut bola di semua posisi," katanya.

"Beberapa hari terakhir kami tengah berlatih memperkuat pertahanan dan juga menyiapkan kejutan (bagi Irak). Jadi saya juga menantikan pertandingan yang menarik. Saya tahu seluruh stadion besok akan penuh, dan tentu ini bagus untuk tuan rumah. Jadi silahkan saksikan pertandingan yang menarik besok," lanjutnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES