Olahraga

Kucurkan Dana 292 Miliar, Stadion Surajaya Lamongan Bakal Single Seat

Kamis, 14 Desember 2023 - 22:00 | 45.63k
Tim dari Kementerian PUPR memaparkan rencana pembangunan Stadion Surajaya, di Aula Lantai 3 Gedung Pemkab Lamongan, Kamis (14/12/2023). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Tim dari Kementerian PUPR memaparkan rencana pembangunan Stadion Surajaya, di Aula Lantai 3 Gedung Pemkab Lamongan, Kamis (14/12/2023). (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), melakukan pemaparan terkait rencana pembangunan Stadion Surajaya, di Aula Lantai 3 Gedung Pemkab Lamongan, Kamis (14/12/2023).

Pemaparan tersebut dihadiri oleh sejumlah pihak, mulai dari Pemkab Lamongan dan instansi terkait seperti Dinas Perkim Cipta Karya Lamongan, PU Bina Marga Lamongan, Dinas Pemuda dan Olahraga serta perwakilan suporter.

Dalam kesempatan itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Prasarana Strategis 2 Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kementerian PUPR, Cahyani Ainin Azizah mengatakan bahwa paparan tersebut dilakukan untuk memperjelas terkait pelaksanaan pembangunan Stadion Surajaya.

"Hari ini kita perjelas terkait dengan nanti pelaksanannya akan seperti apa, konsep desain dari perencanaan seperti apa. Kemudian kapasita yang memang bisa dilaksanakannya seperti apa. Misalnya dari sebelumnya non single sheat menjadi single sheat," kata Cahyani.

Cahyani menjelaskan, nantinya Stadion Surajaya akan memiliki kapasitas 12.097 penonton, dan seluruhnya menggunakan single seat atau kursi tunggal.

Kemudian untuk ruang ganti ada 4 ruangan, di mana setiap ruangan terdiri dari ruang ganti pemain, ruang ganti pelatih, ruang pijat dan fasilitas sanitasi.

Sementara lapangan juga akan dibangun dengan struktur lapisan sesuai dengan standar FIFA dengan menggunakan rumput Zoysia Matrella.

Total anggaran untuk renovasi stadion Surajaya yakni sebesar 292 miliar. Dana tersebut tidak hanya untuk bangunan utama, tapi juga untuk pembangunan area stadion. Proses pembangunannya ditargetkan selesai dalam kurun waktu 13 bulan.

"Yang kita bangun itu bukan hanya stadionnya saja, tapi juga kawasannya. Kami juga memberikan dampak ekonomi terhadap sekitar dari stadion, itu juga sudah kita masukkan ke dalam perencanaan," tuturnya.

Sementara itu, Muhammad Aulia Azwar, selaku konsultan perencana menambahkan bahwa wajah Stadion Surajaya dan seluruh area di sekitar nantinya akan benar-benar mengalami perubahan total.

Bahkan area di kawasan Stadion Surajaya juga akan ditata ulang. Mulai dari pembangunan pagar pembatas luar untuk skrining penonton, seluruh area parkir juga akan diaspal.

"Jadi semuanya memang sudah mencakup lingkup pekerjaan terkait dengan perencanaan stadion, mulai pekerjaan arsitektur, struktur, mekanikal elektrikalnya, kemudian infrastruktur," kata Aulia.

Kemudian untuk arena pertandingan, selain lapangan yang berstandar FIFA, kata Aulia, juga akan ditunjang penerangan menggunakan lampu LED.

"Untuk penerangan lapangan, tingkat pencahayaan 1.500 lux," ujarnya.

Aulia juga menjelaskan, pembuatan desain Stadion Surajaya telah memperhitungkan aspek keamanan. Bahkan waktu evakuasi suporter ketika terjadi kejadian di luar dugaan juga diperhitungkan. Seluruh suporter di setiap sektor maksimal bisa dievakuasi dalam waktu kurang dari tujuh menit sesuai aturan FIFA.

"Dalam pembangunannya juga memenuhi aspek-aspek regulasi," tuturnya.

Pembangunan Stadion surajaya saat ini sedang proses lelang paket konstruksi sampai tahap pembuktian kualifikasi dan terjadwal dalam SPSE untuk penandatanganan kontrak pada tanggal 21 Desember 2023.

Penandatanganan kontrak baru dapat dilaksanakan apabila persetujuan Multi Years Contract dari Kementerian Keuangan terbit.

Sambil menunggu waktu pelelangan, Pemda diharapkan dapat melaksanakan pembongkaran Stadion Surajaya dan memenuhi seluruh kewajiban dokumen readiness criteria.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Lamongan, Nalikan berharap setelah dibangun oleh Kementerian PUPR, nantinya Stadion Surajaya bisa menjadi magnet untuk menunjang pertumbuhan ekonomi. "Ini kebanggaan kita, kalau stadion ini jadi. Saya kira akan terjadi perkembangan luara biasa. Kalau kita sandingkan dengan ring road (yang saat ini sedang dalam proses pembangunan), maka perkembangan ekonomi dan pengembangan pembangunan akan luar biasa," ucap Nalikan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES