Olahraga

Kalahkan Mitra Bola Utama Surabaya 0-4, Persipro 54 Masuk 28 Besar Liga 3 Jatim

Minggu, 17 Desember 2023 - 21:04 | 25.37k
Dengan kecepatannya, Eko Wahyudi (seragam putih), sayap Persipro 54 mengejar bola usai mendapatkan umpan panjang. (Foto: Agus Purwoko/TIMES Imdonesia)
Dengan kecepatannya, Eko Wahyudi (seragam putih), sayap Persipro 54 mengejar bola usai mendapatkan umpan panjang. (Foto: Agus Purwoko/TIMES Imdonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Laga terakhir putaran kedua Liga 3 Jatim ditutup dengan kemenangan Persipro 54, yang berhasil mengalahkan Mitra Bola Utama Surabaya dengan skor 4-0 di Stadion Bayuangga, Kota Probolinggo, Minggu (17/12/2023) sore. Dengan hasil ini, Persipro 54 berhasil di puncak klasemen tanpa kekalahan.

Kick Off dimulai pukul 15.15 dan berlangsung seru. Persipro 54 dan Mitra Bola Utama Surabaya termasuk tim terkuat di Grup F. Meski Mitra Bola Utama kalah 0-4 di putaran pertama, pertandingannya tetap berjalan seru.

Tentu, hal tersebut menambah daya tarik penonton untuk menyaksikan kedua tim bertanding kembali. Terbukti pada pertandingan kedua putaran kedua, setidaknya 792 penonton memenuhi tribun.

Kedatangan ratusan penonton, puas dengan pertandingan seru tersebut. Kedua tim bermain disiplin. Persipro 54 main cepat dengan umpan panjang, dan Mintra Bola Utama Surabaya tanggap di pertahanan tengah.

Sayangnya, kecepatan pemain sayap Persipro 54 kembali menyulitkan Mitra Bola Utama Surabaya. Eko Wahyudi berhasil mencetak gol di menit ke-27, membuat skor menjadi 1-0 untuk Persipro 54.

Tertinggal 1-0, Mitra Bola Utama Surabaya meningkatkan serangan, namun saat bola direbut, pemain Persipro 54 langsung memanfaatkannya.

Dengan serangan cepat melalui umpan panjang ke sisi sayap, membuat pemain Mitra Bola Utama Surabaya terlambat turun. Dengan kecepatannya, Eko Wahyudi berhasil menguasai bola dan melesatkannya ke gawang lawan.

Mendekati area gawang, Eko langsung berinisiatif melakukan tendangan. Namun, tendangan itu berhasil ditepis Agus, kiper Mitra Bola Utama Surabaya.

Usai berhasil ditepis, bola liar langsung dikejar Rizky Kribo. Dengan kaki kanannya, bola langsung meluncur lurus dan merobek gawang Mitra Bola Utama Surabaya.

Skor berubah 2-0 untuk Persipro 54 pada menit ke-35. Serangan terus berlanjut, dan Persipro 54 memperoleh kesempatan melalui sepak sudut.

Tendangan sudut dilakukan ke titik terjauh. Saat itu, Mardhani, yang telah menempati posisi, langsung bersiap. Bola dieksekusi dengan tendangan salto.

Sayangnya, pemain belakang Mitra Bola Utama ikut mengejar dan berusaha menghalau dengan sundulannya.

Akibatnya, tendangan salto Mardhani mengenai kepala pemain belakang Mitra Bola Utama. Wasit Samsul Efendi langsung memberikan kartu kuning kepada Mardhani pada menit ke-45. Hingga babak pertama berakhir, skor 2-0 untuk Persipro 54.

Masuk babak kedua, Mitra Bola Utama Surabaya mengubah skema permainan. Awalnya menguasai area tengah, kemudian mencoba keberuntungan dengan bermain cepat lewat umpan panjang, menyerupai skema Persipro 54.

Sayangnya, pertahanan pemain belakang Persipro 54 sulit ditembus.

Bahkan, Slamet Santoso dari Mitra Bola Utama mendapat kartu kuning karena melanggar pemain Persipro 54. Kedua tim mulai memanas. Tak sedikit benturan keras antar pemain terjadi. Pada menit 70, Yoga Riski juga dapat kartu kuning karena melanggar pemain Persipro 54 dekat kotak 16.

Tendangan bebas dieksekusi Risdianto melalui tendangan kaki kanannya, pemain dengan nomor punggung 10 itu berhasil menempatkan bola ke sudut kanan bawah. 

Bahkan kiper lawan hanya bisa melihat bola masuk ke gawang. Skor berubah menjadi 3-0 untuk Persipro 54 pada menit ke-71.

Tertinggal 3-0, Mitra Bola Utama seolah kehilangan identitasnya. Banyak kesalahan umpan dan bola mudah direbut pemain Persipro 54.

Dampaknya, Ahmad Hamzah menambah gol di menit ke-80 dengan tendangan dari luar kotak penalti, membuat skor menjadi 4-0 untuk Persipro 54.

Permainan semakin memanas dengan beberapa kali benturan.

Bahkan, kiper Mitra Bola Utama, Agus Rangga Saputar, harus ditarik keluar lapangan dan digantikan Athayansyah Naufal pada menit ke-83.

Namun, sayangnya, Athayansyah harus keluar lapangan pada menit ke-86 setelah mendapat kartu merah karena melanggar Loudhy Prayudha.

Bermain dengan 10 pemain tanpa kiper cadangan membuat Pelatih Mitra Bola Utama memilih salah satu pemain sebagai kiper.

Hingga tambahan waktu dua menit pada babak kedua, skor tetap tidak berubah. Dengan kemenangan 4-0 untuk Persipro 54, dipastikan mereka berada di puncak klasemen dan lolos ke 28 besar.

"Kami sangat puas dengan hasil ini. Kami bisa tampil maksimal selama enam pertandingan dan meraih kemenangan bersih (tanpa kekalahan). Terima kasih kepada semua pendukung, manajemen, suporter, dan juga para media," ujar Ahmad Junaidi, Pelatih Persipro 54.

Sementara itu, Nur Kholis, pelatih Mitra Bola Utama Surabaya, menjelaskan timnya berada di posisi Runner Up, sehingga masih memiliki kesempatan untuk masuk ke babak 28 besar. 

Selanjutnya, dengan jeda waktu yang ada, ia akan segera mengevaluasi tim.

"Masih ada waktu sekitar 3 minggu sebelum babak 28 besar. Jadi, kami masih memiliki kesempatan untuk melakukan perbaikan," tandasnya.

Diketahui, tim yang lolos, baik juara grup maupun runner-up, akan masuk ke fase 28 besar. Selanjutnya, 28 tim tersebut akan diundi untuk melangkah menuju babak 14 besar di Liga 3 Jatim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES