Olahraga

Komdis PSSI Jatuhkan Sanksi Persik Kediri dan PSM Makassar

Selasa, 09 Januari 2024 - 10:09 | 20.86k
Pertandingan Persik Kediri vs PSM Makassar di Stadion Brawijaya Kota Kediri 18 Desember 2023 (foto : dok Persik)
Pertandingan Persik Kediri vs PSM Makassar di Stadion Brawijaya Kota Kediri 18 Desember 2023 (foto : dok Persik)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Pertandingan Persik Kediri melawan PSM Makassar pada Senin (18/12/2023) yang diwarnai dengan kontroversi, berbuntut hukuman denda dari Komisi Disiplin PSSI. Tidak hanya bagi tuan rumah Persik Kediri, denda juga dikenakan pada tim tamu PSM Makassar. 

Hukuman tersebut termuat dalam hasil sidang Komisi Disiplin PSSI tanggal 3 dan 4 Januari 2023, yang dirilis tanggal 8 Januari 2023 malam. 

Dalam putusan itu Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan denda sebesar Rp20 juta karena terjadi pelemparan kemasan air mineral yang dilakukan oleh penonton di tribun selatan dan denda Rp50 juta karena beberapa penonton memasuki area lapangan kepada klub yang bermarkas di Stadion Brawijaya Kota Kediri itu. 

Selain kepada klub, sanksi juga diberikan kepada ofisial tim yakni Mochamad Syahid Nur Ichsan. Karena dinilai melakukan protes berlebihan dan mendorong perangkat pertandingan, manajer Persik Kediri tersebut mendapat sanksi skors larangan berpartisipasi dalam 4 pertandingan serta denda Rp50 juta. 

Sanksi tersebut menjadikan total denda yang diterima Persik Kediri sebesar Rp120 juta. 

Sementara itu dari kubu PSM Makassar, salah satu pemain tim berjuluk Juku Eja itu yakni M Ardiansyah dihukum larangan bermain sebanyak 2 kali dan denda sebesar Rp75 juta karena melakukan lemparan balasan ke arah penonton sehingga membuat penonton menjadi terprovokasi. 

Seperti diketahui laga Persik Kediri vs PSM Makassar yang berakhir imbang 1-1 sempat terhenti hampir 2 jam. Kontroversi terjadi di 5 menit terakhir laga, saat Yuran Fernandez membobol gawang Persik. Awalnya wasit tidak menyatakan terjadi gol dan laga tetap berjalan. 

Namun selang sesaat kemudian wasit menyatakan bola sudah melewati garis gawang. Gol untuk PSM Makassar,  tim tamu unggul 0-1. 

Usai gol tersebut, suasana pertandingan sempat memanas.  Yuran yang merayakan gol sempat mendapat lemparan dari penonton di tribun sebelah selatan.

Tidak hanya itu, salah satu penonton sempat melompati pagar pembatas dan masuk lapangan, yang untungnya langsung diamankan steward. Dari sisi sebelah selatan, sejumlah penonton juga sempat berusaha masuk lapangan namun berhasil digagalkan. 

Di lapangan ketegangan juga terjadi. Baik yang melibatkan kubu Persik dengan ofisial pertandingan, ataupun dengan PSM Makassar. Ketegangan tak berlangsung lama, sebelum akhirnya para pemain PSM masuk ruang ganti. Begitu juga dengan para wasit. Laga pun sementara terhenti. 

Laga akhirnya berlanjut setelah sempat terhenti selama hampir 2 jam, dan berakhir dramatis usai Kelly Sroyer mencetak gol untuk membawa Persik Kediri menyamakan kedudukan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES