Olahraga

Piala Asia 2023: Shayne Pattynama Siap Turun Melawan Vietnam

Rabu, 17 Januari 2024 - 09:01 | 20.68k
Pemain belakang Timnas Indonesia Shayne Pattynama berlatih ringan untuk persiapan melawan Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia 2023. (FOTO: dok PSSI)
Pemain belakang Timnas Indonesia Shayne Pattynama berlatih ringan untuk persiapan melawan Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia 2023. (FOTO: dok PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTATimnas Indonesia segera mengalihkan perhatian ke pertandingan Piala Asia 2023 selanjutnya menghadapi Vietnam, ungkap Shayne Pattynama yang baru saja bergabung kembali dengan skuad Garuda pada Minggu (14/1/2024).

Pattynama menekankan bahwa kondisinya sudah baik dan ia siap tampil di pertandingan melawan Vietnam.

"Sejak kembali bergabung kemarin, saya langsung berlatih hari ini. Meskipun harus beradaptasi dengan cuaca yang panas di sini, latihan hari ini berjalan baik. Saya perlu beradaptasi dengan cepat," kata Shayne seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Rabu (17/1/2023).

Dia juga membagikan evaluasi tim setelah mengalami kekalahan dalam pertandingan pembuka melawan Irak dengan skor 1-3 di Stadion Ahmad bin Ali, Al-Rayyan, Qatar, pada Senin (15/1/2024).

"Kami harus tetap berpikir positif bersama rekan setim, staf pelatih, dan semua orang. Kita harus memanfaatkan pembelajaran dari pertandingan pertama agar bisa memberikan penampilan terbaik di pertandingan berikutnya," ujarnya.

Pattynama menyampaikan pandangannya mengenai gol kedua yang dicetak oleh Irak. "Menurut saya, gol kedua dalam pertandingan melawan Irak itu offside, ada masalah di situ. Meskipun tidak menguntungkan bagi kami, kami harus mengambil pelajaran dari situasi tersebut karena tidak dapat mengubahnya. Kini fokus kami adalah pertandingan berikutnya, dengan semangat untuk berlatih lebih keras," katanya.

Tentang lawan selanjutnya, Pattynama menyebut Vietnam sebagai tim yang kuat. "Mereka tampil bagus melawan Jepang, sehingga kita perlu memahami kelebihan dan kekurangan mereka serta merencanakan strategi permainan melawan Vietnam. Ini akan menjadi tantangan menarik bagi kami," jelasnya.

Meskipun Pattynama tidak banyak tahu tentang pemain-pemain Vietnam, ia menyebut mereka cepat dan memiliki kemampuan penguasaan bola yang baik. Dia menekankan perlunya bekerja keras, membangun kembali kepercayaan diri, dan fokus pada permainan tim.

Pattynama juga mengingatkan pentingnya dukungan dari suporter bagi tim. "Kami berharap terus mendapatkan dukungan dari suporter, yang akan memberikan kekuatan tambahan. Kami harus tetap berpikir positif untuk meraih hasil yang baik. Kami akan berjuang keras dan yakin akan meraih kesuksesan," tambahnya.

Timnas Indonesia saat ini menduduki peringkat keempat di klasemen sementara Grup D dengan 0 poin, sama seperti Vietnam dengan selisih gol -2. Jepang memimpin klasemen dengan 3 poin, unggul produktivitas gol dari Irak yang berada di posisi kedua dengan jumlah poin yang sama.

Pertandingan selanjutnya Indonesia melawan Vietnam akan berlangsung pada Jumat (19/1), diikuti oleh pertandingan melawan Jepang pada Rabu (24/1). Dua pertandingan ini menjadi krusial bagi skuad Garuda untuk meraih poin demi menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES