Olahraga

Stadion MetLife New York menjadi Lokasi Final Piala Dunia 2026

Senin, 05 Februari 2024 - 09:24 | 20.96k
 Stadion MetLife di New York akan menjadi lokasi laga final Piala Dunai 2026 pada 19 Juli 2026. (FOTO: wikipedia)
Stadion MetLife di New York akan menjadi lokasi laga final Piala Dunai 2026 pada 19 Juli 2026. (FOTO: wikipedia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Final Piala Dunia 2026 akan diadakan di Stadion MetLife di New York/New Jersey, demikian diumumkan oleh panitia penyelenggara FIFA pada Minggu (4/2) waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

"Piala Dunia FIFA yang paling inklusif dan berdampak bukan hanya impian lagi, melainkan kenyataan yang akan terjadi dalam bentuk 104 pertandingan di 16 stadion luar biasa di Kanada, Meksiko, dan AS," kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti dilansir dari AFP.

Atlanta dan Dallas akan menjadi lokasi penyelenggaraan laga semifinal, sementara pertandingan perebutan peringkat ketiga akan diadakan di Miami.

Sedangkan pertandingan perempat final akan berlangsung di Los Angeles, Kansas City, Miami, dan Boston.

Seperti diketahui, Piala Dunia 2026 akan digelar di tiga negara, Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat. Final akan digelar pada 19 Juli 2026. Adapun laga pembuka akan digelar  di Stadion Azteca di Mexico City pada 11 Juni 2026.

Secara total, 16 kota di tiga negara akan menjadi tuan rumah, dengan sebagian besar pertandingan berlangsung di AS. Piala Dunia 1994 juga diadakan di AS, dengan pertandingan final digelar di Rose Bowl di Pasadena, dekat Los Angeles.

Stadion MetLife, dengan kapasitas 82.500 penonton, di seberang Sungai Hudson dari New York di East Rutherford, New Jersey, adalah markas bagi tim sepak bola Amerika New York Giants dan New York Jets. Stadion ini pernah menjadi tuan rumah beberapa pertandingan sepak bola internasional, termasuk final Piala Amerika 2016.

Ekspansi turnamen dari 32 tim menjadi 48 tim akan menambah jumlah pertandingan menjadi 24 laga. Dengan total 104 pertandingan yang akan diadakan di 16 lokasi, turnamen ini akan mengikuti format 12 grup dengan empat tim. Dua tim teratas dari setiap grup akan melaju ke fase gugur bersama delapan tim peringkat ketiga terbaik.

Selanjutnya, kompetisi akan memasuki fase gugur dengan delapan pertandingan, satu lebih banyak dibandingkan format sebelumnya. Enam belas kota yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 mencakup Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houston, Kansas City, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York-New Jersey, Philadelphia, San Francisco Bay Area, Seattle, Toronto, dan Vancouver. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES