Olahraga

Legenda Tinju Filipina Manny Pacquiao Batal Tampil di Olimpiade Paris 2024

Senin, 19 Februari 2024 - 10:34 | 28.79k
Manny Pacquiao tidak bisa tampil di Olimpiade Paris 2024. (foto: afp)
Manny Pacquiao tidak bisa tampil di Olimpiade Paris 2024. (foto: afp)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komite Olimpiade Internasional (IOC) menampik usulan Filipina agar Manny Pacquiao, legenda tinju dunia, bisa ikut serta di Olimpiade Paris 2024.

“Ini sangat disesalkan, karena ini mungkin kesempatan pertama bagi negara kita untuk meraih medali emas dari cabang olahraga tinju di Olimpiade,” ucap Presiden Komite Olimpiade Filipina Abraham Tolentino, seperti dikutip dari AFP, Senin (19/2/2024).

Filipina sebelumnya telah mengirimkan permohonan khusus kepada IOC tahun lalu agar mantan juara dunia berjuluk Pacman itu diberi kesempatan untuk bertarung di Paris, meskipun ada aturan yang membatasi usia maksimal petinju Olimpiade adalah 40 tahun.

Pacquiao, yang saat ini berusia 45 tahun, mengundurkan diri dari tinju profesional pada tahun 2021. Setelah beralih ke dunia politik, ia mencoba maju sebagai calon presiden Filipina pada tahun 2021, namun kalah dari presiden yang terpilih, Bongbong Marcos.

Tolentino menambahkan bahwa pihaknya memilih untuk menghormati aturan yang ditetapkan oleh IOC.

“Pacquiao bisa menjadi ‘tontonan tambahan yang luar biasa’ di Olimpiade Paris, tapi kita harus taat pada aturan yang ditetapkan oleh IOC,” kata Tolentino.

Sementara itu, Pacquiao, yang tidak pernah berpartisipasi di Olimpiade, mengungkapkan kepada AFP tahun lalu bahwa dia “masih muda” untuk melawan petinju yang lebih muda.

Filipina tahun lalu memohon kepada IOC agar Pacquiao diberikan “tempat universalitas”.

Tempat universalitas adalah slot yang diberikan kepada atlet dari negara-negara yang kesulitan mendapatkan tempat di Olimpiade melalui proses kualifikasi biasa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES