Olahraga

Francesco Bagnaia Raih Kemenangan di MotoGP Qatar

Senin, 11 Maret 2024 - 04:37 | 38.81k
Francesco Bagnaia (Foto: ANTARA/HO/Ducati Corse)
Francesco Bagnaia (Foto: ANTARA/HO/Ducati Corse)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Juara bertahan MotoGP, Francesco Bagnaia keluar sebagai juara seri pembuka 2024, MotoGP Qatar, di Sirkuit Internasional Lusail, Senin (11/3/2024) dini hari WIB.

Pembalap Ducati Lenovo ini unggul 1,329 detik dari Brad Binder (Red Bull KTM) dan 1,933 detik dari runnerup MotoGP 2023 Jorge Martin (Prima Pramac).

“Kami tahu ada hal yang harus diperbaiki (dari latihan dan Sprint), dan hari ini adalah hari yang berbeda dengan kemarin. Kami mampu mengontrol motor lebih baik,” kata Bagnaia dalam wawancara singkat usai pertandingan.

Pembalap yang akrab disapa Pecco itu memulai balapan dari posisi kelima. Dia segera memacu kendaraannya untuk merebut posisi terdepan dari Martin yang merupakan polesitter sekaligus pesaing terberatnya musim lalu.

Sang juara bertahan juga mendahului Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Binder, dan rekan satu timnya, Enea Bastianini. Dia mempertahankan posisi terdepan sejak lap pertama.

Dia kemudian melaju nyaman setelah memastikan margin 1 detik dari para pembalap lain. Persaingan yang lebih seru berada di belakang juara dunia dua kali itu, yaitu Martin dan Binder.

Binder, dengan motor KTM RC16 terbaru yang dikendarainya, memberikan tekanan kepada Martin dengan agresif sejak awal balapan, sama seperti saat sesi balapan Sprint sehari sebelumnya.

“Saya sangat senang. Hari ini sudah diprediksi akan berlangsung sulit, dan saya merasa senang karena bisa mengontrol semua aspek dengan baik,” kata Binder.

“Saya berterima kasih kepada tim saya karena sudah memberikan motor dengan level seperti ini. Semoga kami bisa mempertahankan performa ini di balapan selanjutnya,” ujarnya menambahkan.

Tantangan Martin untuk mengamankan satu tempat di podium tak hanya datang dari Binder, namun juga dari duo Gresini Racing, Marc dan Alex Marquez, yang masing-masing finis pada posisi keempat dan enam. 


“Kami berusaha tampil maksimal dengan mengetahui ada sesuatu yang penting harus diubah untuk balapan hari ini. Setelah pemanasan hari ini (motor) benar-benar berbeda dengan kemarin,” kata Bagnaia usai kemenangan pertamanya di Sirkuit Internasional Lusail.
Marc Marquez finis keempat pada debutnya di Gresini Racing dengan mengendarai motor Ducati setelah beralih dari Honda.

Sementara itu, Juara Moto2 dan Moto3 Pedro Acosta (Red Bull GASGAS Tech3) juga mengintai tiga pembalap Spanyol itu pada pertengahan balapan.

Meski kesulitan saat memulai balapan, Acosta dengan percaya diri menembus pertahanan Marquez bersaudara dan sempat terpaut tipis dari Martin, sebelum mengakhiri balapan pada posisi sembilan.

Sementara itu, Bastianini yang sempat terpental jauh dari posisi awal, memanfaatkan peluang pada momen krusial dan finis dalam posisi kelima dengan margin 5,153 detik dari rekan satu timnya.

Melengkapi daftar 10 besar MotoGP Qatar 2024 adalah Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduro VR46) di P7, Espargaro di P8, dan Maverick Vinales (Aprilia Racing) di P10.

Setelah ini, seri kedua MotoGP 2024 akan bergulir di Sirkuit Internasional Algarve, Portugal, pada 21-23 Februari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES