Olahraga

Jorge Martin Rebut Gelar MotoGP Portugal

Senin, 25 Maret 2024 - 02:28 | 27.81k
Pembalap Prima Pramac Jorge Martin berpose dengan motor Ducati Desmosedici GP24 yang akan menjadi tunggangannya untuk menghadapi MotoGP musim 2024. (Foto: MotoGP, Prima Pramac)
Pembalap Prima Pramac Jorge Martin berpose dengan motor Ducati Desmosedici GP24 yang akan menjadi tunggangannya untuk menghadapi MotoGP musim 2024. (Foto: MotoGP, Prima Pramac)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin tak menemukan kendala berarti dan merebut gelar MotoGP Portugal 2024 yang berlangsung di Sirkuit Algarve, Minggu malam WIB.

Pembalap asal Spanyol tersebut menjadi yang tercepat melewati bendera garis finis yang dikibarkan pelatih sepak bola asal Portugal, Jose Mourinho. Di posisi kedua pembalap Ducati Lenovo Team, Enea Bastianini mengunci podium dengan selisih usai Maverick Vinales, yang menempati posisi kedua, kehilangan kendali di lap terakhir. Sedangkan di posisi podium ketiga ditempati oleh pembalap Red Bull GASGAS Pedro Acosta.

Memulai lap pertama, Francesco "Pecco" Bagnaia yang start di urutan keempat langsung merangsek ke posisi pertama dan saling kejar mengejar dengan Jorge Martin mulai dari tikungan pertama. Memasuki lap kedua, Pecco kehilangan kendali dan turun ke posisi keempat usai terkejar oleh Maverick Vinales dan Enea Bastianini.

Jorge Martin yang telah unggul sejak di lap kedua, tak menemukan kendala dan terus memimpin jalannya balapan. Sementara itu persaingan sengit terjadi di perebutan posisi keempat antara Pecco, Pedro Acosta dan Marc Marquez.

Pedro Acosta yang sebelumnya berada di urutan ke-tujuh, menyalip Brad Binder dan Marc Marquez untuk mengganggu posisi keempat Pecco. Hingga di tujuh lap tersisa, usaha Pedro Acosta membuahkan hasil ketika Pecco sempat kehilangan cengkeraman ban di tikungan dan berhasil ia salip.

Memperoleh celah Pecco yang mulai kehilangan cengkeraman, Marquez mencoba untuk melaju mengambil situasi yang menguntungkan. Dengan balapan yang menyisakan empat lap, The Baby Alien yang sempat menyalip Pecco terlibat insiden di tikungan 5 ketika manuver Bagnaia menyenggol badan Marquez.

Insiden tersebut mengakibatkan dua pembalap terseret hingga turun ke gravel. Pecco tampak meluapkan frustrasi, sementara Marquez masih mampu melanjutkan balapan. Di lap terakhir, insiden kembali terjadi ketika Maverick Vinales yang bersaing dengan Bastianini memperebutkan podium kedua. Vinales yang sempat kehilangan kendali cengkeraman, harus tergelincir dan merelakan podium di tangan Bastianini. Insiden tersebut juga membuat Pedro Acosta yang berada di peringkat empat kini finis di podium ketiga.

Kemenangan di MotoGP Portugal membuat Jorge Martin kini semakin nyaman di puncak klasemen sementara dengan memperoleh 60 poin. Martin kini unggul dari pembalap Red Bull KTM, Brad Binder yang berada di posisi kedua dengan koleksi 42 poin.

Dilansir dari laman MotoGP, Minggu, berikut hasil MotoGP Portugal 2024:
1. Jorge Martin 41 menit 18,138 detik
2. Enea Bastianini + 0,882 detik
3. Pedro Acosta +5,632 detik
4. Brad Binder +11,129 detik
5. Jack Miller +16,437 detik
6. Marco Bezzecchi +19,403 detik
7. Fabio Quartararo +20,130 detik
8. Aleix Espargaro +21,549 detik
9. Miguel Olibeira +23,929 detik
10. Fabio Di Giannantonio +28,195 detik

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES