Olahraga

Shin Tae-yong: Indonesia Punya Peluang Menang di Vietnam

Selasa, 26 Maret 2024 - 09:21 | 24.32k
Striker Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen berpeluang turun saat Indonesia menghadapi Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia Grup F, Selasa (26/3/2024). (FOTO: PSSI)
Striker Timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen berpeluang turun saat Indonesia menghadapi Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia Grup F, Selasa (26/3/2024). (FOTO: PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemain Timnas Indonesia dalam motivasi tinggi untuk menghadapi Vietnam di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F.

Modal kemenangan 1-0 atas Vietnam di Jakarta pada Kamis lalu membuat pemain Timnas Indonesia percaya diri untuk merebut kemenangan atau setidaknya mencuri satu poin.

"Menurut saya kami punya peluang untuk menang," kata pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat konfrensi pers, Senin (25/3/2024).

Meski punya keyakinan tinggi, Shin Tay-yong menyadari pertandingan nanti tidak lah mudah. Selain harus menghadapi tekanan suporter dan motivasi tinggi tim tuan rumah, Timnas Indonesia juga menghadapi fakta bertanding tanpa pasukan terbaiknya pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F ini 

Persiapan timnas Indonesia juga terganggu dengan absennya sejumlah pemain. Skuad Garuda tidak diperkuat Sandy Walsh yang terkena akumulasi kartu kuning, Marc Klok yang meninggalkan tim untuk menjalani pemulihan cedera tendon achilles di Singapura. Selain itu Nadeo Argawinata, Dimas Drajad, Pratama Arhan, Ivar Jenner yang mengalami sakit. 

Meski demikian, tetap ada angin bagus bertiup di skuad Garuda. Dua pemain naturalisasi baru yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sudah bisa diturunkan, dan striker Rafael Struijk dinyatakan fit untuk laga nanti.

Masuknya dua pemain tersebut membuat Shin Tae-yong yakin Timnas Indonesia punya peluang meraih tiga poin sekaligus memutus rekor buruk tidak pernah menang di kandang Vietnam yang bertahan sejak tahun 2004.

"Vietnam, selalu menjadi lawan yang menyulitkan bagi Indonesia. Namun kami sudah melakukan persiapan supaya bisa menampilkan performa bagus di pertandingan nanti," ucap pelatih asal Korea Selatan ini. 

Shin Tae-yong juga menyadari pertandingan besok adalah laga penting bagi kedua tim untuk memuluskan langkah lolos ke putaran ketiga bersama Irak. Irak punya kans paling bagus untuk melaju ke putaran ketiga sebagai juara grup.

"Banyak pemain Indonesia yang masih belum berpengalaman, namun saya sadar mereka punya keinginan dan kemampuan untuk menghadirkan performa terbaik. Rekor selalu bisa dipecahkan, jika kita tidak memenangkan Vietnam lagi dalam 20 tahun terakhir. Tapi saya yakin rekor itu akan dipecahkan sekarang," kata Shin Tae-yong.

Sementara itu, Egy Maulana Vikri yang menjadi pahlawan kemenangan di Jakarta, menilai laga nanti malam akan sama-sama sulit untuk kedua tim. Karena itu, untuk meraih kemenangan, diperlukan kerja keras di atas lapangan.

"Kedua tim akan sama-sama mengalami banyak kesulitan di pertandingan nanti. Saya dan teman-teman akan berusaha keras dan kita lihat apa yang akan terjadi di pertandingan nanti," ucap pemain asal Dewa United FC tersebut.

Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi dua Grup F dengan nilai dari dari  tiga pertandingan, Sedangkan Vietnam berada di posisi tiga dengan nilai 3. Adapun pemuncak klasemen sementara ditempati favorit kuat Irak dengan nilai 9. Sedangkan posisi buncit ditempati Filipina dengan nilai 1. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES