Olahraga

Wow! Hampir Seluruh Posisi Timnas Indonesia Diisi Pemain Naturalisasi

Kamis, 11 April 2024 - 08:23 | 35.18k
Selebrasi pemain timnas Indonesia saat menjebol gawang Vietnam. (FOTO: Istimewa)
Selebrasi pemain timnas Indonesia saat menjebol gawang Vietnam. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANG – Skuat Timnas Indonesia saat ini mulai diperhitungkan di kancah Asia bahkan dunia. Bagaimana tidak, negara-negara di Asia saat ini terus memantau perkembangan naturalisasi yang dilakukan tim Garuda.

Skuad asuhan Shin Tae-yong saat ini setidaknya banyak dihuni oleh pemain keturunan. Beberapa diantaranya mereka telah membela Merah Putih pada Piala Asia hingga kualifikasi Piala Dunia.

Jika membahas mulai dari penjaga gawang, saat ini Indonesia hampir diperkuat kiper asal klub liga utama Amerika Serikat, FC Dallas yakni Maarten Paes. Kiper 25 tahun itu kini hanya tinggal mengucap janji untuk segera menjadi WNI.

Masih pada posisi kiper, Indonesia baru-baru ini telah mengambil sumpah kiper bernama Cyrus Margono. Kiper 22 tahun itu kini memperkuat tim Liga Super Yunani 2, Panathinaikos.

Selanjutnya pada lini belakang, Indonesia telah diperkuat banyak pemain naturalisasi. Sebut saja nama Jordi Amat, pemain berdarah Spanyol itu beberapa kali telah dipercaya menjadi kapten tim.

Kemudian ada nama Elkan Baggott. Pemain yang lahir di Bangkok, Thailand itu saat ini lebih memilih Indonesia sebagai negara yang dibela untuk karir sepak bola internasionalnya. 

Di lini belakang juga masih ada nama Justin Hubner. Pemain asal Belanda itu sempat memperkuat Wolverhampton pada Liga Inggris U-21. Kini, Hubner membela Cerezo Osaka di Liga Jepang dan selalu dipercaya oleh STY untuk masuk dalam starting eleven Timnas Indonesia.

Selanjutnya, ada nama Sandy Walsh. Pemain kelahiran Brussel, Belgia itu sebenarnya sudah sempat memperkuat Timnas Muda Belanda. Namun saat ini, Sandy menepati janjinya untuk membela negara nenek moyangnya, yakni Indonesia.

Pada sisi kiri lini pertahanan Indonesia saat ini juga diperkuat sejumlah pemain naturalisasi, pertama ada nama Shayne Pattynama. Pemain asal Belanda yang kini banyak dipasang sebagai gelandang sisi kiri.

Kedua ada nama Nathan Tjoe-A-On yang baru saja membela Timnas Indonesia melawan Vietnam. Nathan sendiri digadang-gadang menjadi pemain grade A yang di naturalisasi oleh Indonesia. Kini pemain kidal asal Belanda itu memperkuat Swansea City di Liga 2 Inggris.

Masih di lini belakang, Indonesia juga baru saja menaturalisasi bek asal Belanda yang memperkuat klub asal Serie-B Italia, Venezia yakni Jay Idzes. Pemain berusia 24 tahun itu kini dipercaya dapat menjadi andalan tim Garuda. 

Di lini tengah, skuad Indonesia saat ini berlimpah pemain naturalisasi, salah satunya adalah Ivar Jenner. Pemain asal klub Jong FC Utrecht itu kini jarang tergantikan pada posisi gelandang bertahan.

Masih di posisi gelandang, Indonesia baru saja diperkuat Thom Haye. Pemain berposisi sebagai gelandang serang itu saat ini digadang-gadang menjadi gelandang yang mampu mengatur serangan Timnas Indonesia.

Selanjutnya pada posisi striker yang diperkuat Rafael Struick. Pemain berusia 21 tahun itu disebut menjadi striker masa depan Indonesia di masa mendatang.

Selanjutnya ada nama Ragnar Oratmangoen. Striker asal klub Fortuna Sittard itu akan menjadi andalan Merah Putih untuk menggebrak pertahanan lawan, baik melawan negara di ASEAN ataupun melawan negara Asia.

Jika pemain yang baru saja dinaturalisasi itu semua memperkuat Timnas Indonesia, bagaimana kuatnya tim Merah Putih saat mengikuti Piala AFF atau Piala Asia. 

Jika disusun dalam satu tim, 11 pemain naturalisasi akan mengisi masing-masing pos pada setiap posisi, mulai dari kiper, lini belakang, lini tengah hingga ujung tombak.

Namun, tak ketinggalan pemain asli Indonesia yang berkarir diluar Indonesia juga tengah memperkuat Timnas Indonesia. Mereka diantaranya, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Ramadhan Sananta, Ernando Ari Sutaryadi, Fachrudin Aryanto, Egy Maulana Vikri, Hokky Caraka, Saddil Ramdani, Nadeo Argawinata, Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Yakop Sayuri, Adam Alis, Arkhan Fikri dan Ricky Kambuaya.

Saat ini, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong tinggal bagaimana untuk meracik sebuah tim yang apik untuk memenangkan setiap pertandingan yang dijalani, mulai Piala AFF, Piala Asia maupun Piala Dunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES