Olahraga

Bayer Leverkusen Juara Bundesliga, Xabi Alonso Kejar Treble

Senin, 15 April 2024 - 06:36 | 21.40k
Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso (kanan) menganggkat replika trofi juara Liga Jerman setelah timnya dipastikan menjuarai Liga Jerman berkat kemenangan 5-0 atas Werder Bremen di BayArena, Leverkusen, Minggu (14/4/2024). (ANTARA/AFP/INA FASSBENDER)
Pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso (kanan) menganggkat replika trofi juara Liga Jerman setelah timnya dipastikan menjuarai Liga Jerman berkat kemenangan 5-0 atas Werder Bremen di BayArena, Leverkusen, Minggu (14/4/2024). (ANTARA/AFP/INA FASSBENDER)

TIMESINDONESIA, JAKARTABayer Leverkusen menjuarai  Liga Jerman (Bundesliga) untuk pertama kali sepanjang sejarah mereka, dengan menyisakan lima laga yang belum dimainkan, setelah menang besar 5-0 atas Werder Bremen, Senin (15/4/2024) dini hari WIB.

Pasukan Xabi Alonso kini mengoleksi 79 poin, jumlah yang mustahil dikejar oleh dua pesaing terdekatnya, Bayern Muenchen dan VfB Stuttgart, yang baru mengumpulkan 63 poin dari 29 pertandingan.

Sementara itu, pelatih Bayer Leverkusen Xabi Alonso menegaskan perjuangan timnya belum berakhir meski berhasil meraih gelar perdana Bundesliga usai menang 5-0 atas Werder Bremen di BayArena.

Alonso mengisyaratkan timnya bisa mengamankan tiga gelar (treble) dengan mengawinkan piala Bundesliga dengan menjuarai Piala Jerman melawan Kaiserslautern dan Liga Europa yang baru masuk babak perempat final dengan melawan West Ham.

"Ini belum berakhir. Kita lihat sampai sejauh mana kami bisa melangkah. Saya punya firasat bagus mengenai hal itu," kata Alonso dalam konferensi pers seusai laga dikutip AFP.

"Ini belum berakhir dan kami memiliki target besar yang masih ingin dicapai. Tapi kami baru memikirkannya pada Selasa karena hari ini dan besok kami ingin berpesta," kata Alonso.

Pelatih asal Spanyol berumur 42 tahun itu mengukir sejarah dengan mempersembahkan piala Bundesliga pertama untuk Leverkusen dengan masih meyisakan lima pertandingan dan rekor 43 laga tak terkalahkan dalam semua kompetisi musim ini.

Alonso yang menyatakan tetap melatih Leverkusen  musim depan dan menyatakan kunci keberhasilannya pada musim kedua bersama Leverkusen adalah komunikasi dengan para pemain serta pengalaman pernah memperkuat tim besar seperti Liverpool, Real Madrid, dan Bayern Muenchen.

“Saya ingin berada di dekat para pemain, berbicara dengan mereka dan sebagai seseorang yang bermain, saya tahu apa yang mereka rasakan," kata dia.

"Saya punya empati dan koneksi dengan para pemain, yang penting di ruang ganti. Saya berusaha menjaga koneksi ini dengan tim," kata mantan pelatih Real Sociedad itu.

Kemenangan ini, sambung Alonso, membuat Bundesliga yang sebelumnya didominasi Bayern Muenchen menjadi liga yang lebih atraktif.

“Mungkin sehat bagi Bundesliga dan sepak bola Jerman jika ada tim lain menang dan merupakan kebahagiaan besar bagi kami,” kata Alonso.

"Trofi ini milik banyak orang dan kami harus menikmatinya," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES