Olahraga

Karate Tournament Championship 2024, Pj Gubernur Adhy: Ajang Krusial untuk Tingkatkan Skill dan Prestasi Atlet

Sabtu, 27 April 2024 - 19:20 | 16.78k
Pj Gubernur Adhy saat membuka Karate Tournament Championship Tahun 2024 di GOR UNESA Lidah Wetan Surabaya, Sabtu (27/4/2024).(Dok.Humas Pemprov Jatim)
Pj Gubernur Adhy saat membuka Karate Tournament Championship Tahun 2024 di GOR UNESA Lidah Wetan Surabaya, Sabtu (27/4/2024).(Dok.Humas Pemprov Jatim)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Secara khusus Pj Gubernur Adhy menyampaikan apresiasinya pada Karate Tournament Championship Tahun 2024 yang diikuti oleh 2016 peserta dari 42 kontingen se-Jawa-Bali ini. Sebab menurutnya, ajang ini sangat krusial khususnya untuk peningkatan skill dan prestasi atlet. 

"Turnamen-turnamen dan kejuaraan ini bisa meningkatkan kualitas dan prestasi atlet. Untuk bisa menjadi pembinaan profesional, maka perlu banyak sekali turnamen yang bertingkat, berjenjang, dan berkelanjutan mulai dari anak-anak sampai ke profesional," katanya. 

Apa yang dikatakan Pj Gubernur Adhy tersebut, sejalan dengan pelaksanaan Piala Gubernur Karate ini. Di mana, peserta berasal dari jenjang umur 8-9 tahun serta kelas senior yang berusia 21 tahun ke atas. 

"Ini merupakan kesempatan bagi atlet pemula maupun atlet yang profesional untuk bisa mengukur kemampuan dan prestasinya. Karena calon-calon atau bibit unggul yang kita temukan akan diterjunkan ke turnamen-turnamen lainnya untuk perkembangan olahraga di Jawa Timur," katanya. 

Piala Gubernur Karate ini dilaksanakan sejak 26-28 April 2024. Di mana, kategori Open diikuti oleh 105 kelas atlet dan 52 kelas peserta baru untuk kategori Festival. 

Nantinya, dalam ajang ini akan diberikan predikat Best of the Best yang terdiri dari 5 putera dan 5 puteri dengan total hadiah Rp1 juta per orang beserta tropi. 

Sedangkan juara umum berasal dari kontingen dengan jumlah medali terbanyak dengan hadiah berupa tropi piala tetap, piala bergilir, serta uang pembinaan 20 juta.

Khusus turnamen ini, untuk pertama kalinya diadakan oleh Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) Surabaya. Sehingga Pj. Gubernur Adhy berharap, GAPENSI bisa tetap bermitra dengan pemerintah. 

"Ini menunjukkan bahwa pembinaan olahraga itu tidak hanya menunggu dilaksanakan oleh pemerintah atau KONI saja, tapi juga perlu banyak pendukung dari mitra untuk melaksanakannya. Maka dari itu, saya ucapkan terima kasih," katanya. 

Selain membuka Piala Gubernur untuk Karate, Pj Gubernur Adhy juga menyempatkan diri meninjau pelaksanaan Piala Gubernur cabor panahan. Pertandingan ini sendiri dilakukan di Lapangan Jatim Seger, KONI Jawa Timur. 

Terdapat 5 kelas dalam pertandingan ini, yakni Standard Bow, Barebow, Recurve, Compound, dan Paralon. Diadakan sejak 24 hingga 28 April 2024, juara umum memperebutkan Piala Gubernur Jawa Timur 2024.

Sedangkan untuk tempat pertama akan mendapatkan medali emas dan piagam, tempat kedua mendapatkan medali perak dan piagam, dan tempat ketiga medali perunggu serta piagam. 

"Mudah-mudahan kompetisi dan turnamen karate seperti ini makin sering diadakandiadakan dan hadiahnya makin besar," pungkas Adhy.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES