Olahraga

Satu Langkah Menuju Sejarah, STY: Waktunya Indonesia ke Olimpiade

Senin, 29 April 2024 - 11:00 | 20.52k
Timnas Indonesia akan menghadapi Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) malam nanti. Pemenang laga ini lolos ke Olimpiade Paris 2024. (foto: PSSI)
Timnas Indonesia akan menghadapi Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) malam nanti. Pemenang laga ini lolos ke Olimpiade Paris 2024. (foto: PSSI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam debut turnamennya di Piala Asia U-23, Timnas Indonesia tidak hanya tampil gemilang untuk mencapai semifinal - namun kini hanya tinggal satu kemenangan lagi untuk bermain sepak bola di level Olimpiade untuk pertama kalinya sejak tahun 1938, ketika mereka masih dikenal sebagai Hindia Belanda dan Olimpiade tersebut masih menjadi turnamen untuk tim senior.

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan, pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024). Pemenang laga ini otomatis mengunci satu tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Faktor kunci di balik keberhasilan Indonesia adalah pendekatan mereka yang tidak kenal takut, tampil penuh semangat, dan motivasi tinggi untuk memberikan kebanggan bagi 260 juta lebih penduduk Indonesia yang rindu akan prestasi di sepak bola.

Timnas Indonesia membuktikan dengan permainan gemilang terutama saat melawan Yordania dan Korea Selatan, sungguh luar biasa terutama mengingat status mereka sebagai underdog, dengan pemain-pemain seperti Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman dan Rafael Struick berkombinasi dengan cemerlang dalam serangan.

Pelatih Indonesia Shin Tae-Yong (STY) pantas mendapatkan banyak pujian mengingat sepak bola Indonesia berada dalam kelesuan ketika ia mengambil alih kepemimpinan empat tahun lalu.

"Saya pergi ke stadion menonton Arab Saudi vs Uzbekistan. Saya merasa Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus. Semua sisinya sangat bagus dan terorganisir. Mereka juga sangat disiplin," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers, Minggu (28/4/2024).

"Saya menyadari mengapa Uzbekistan bisa mencetak 12 gol dan bagaimana mereka tidak kebobolan. Salah satu yang krusial, alasan utamanya adalah transisi yang begitu cepat. Uzbekistan bisa transisi menyerang ke bertahan dan bertahan ke menyerang dengan sangat cepat."

Dalam catatannya, Shin Tae-yong melihat Uzbekistan adalah tim yang komplit, baik saat menyerang maupun bertahan dengan transisi permainan yang bagus. Hal tersebut membuat Rizky Ridho dan kawan-kawan harus menampilkan perlawanan maksimal, disiplin dan tidak lengah.

"Uzbekistan, salah satu tim terkuat di kompetisi ini yaitu mereka memiliki keseimbangan yang sangat baik antara sisi penyerangan dan sisi bertahan serta juga seperti yang Anda tahu, transisinya cepat. Hal itu perlu kita atasi dan jika kita bisa menghadapinya dengan baik, mungkin kita punya kesempatan menang melawan Uzbekistan. Saya tidak bisa mengatakan lebih detail karena itu rahas ia," tambah Shin Tae-yong.

Meski begitu, pelatih asal Korea Selatan ini mengatakan tidak ada alasan lagi, Tiimnas Indonesia harus merebut tiket Olimpiade Paris 2024.

"Saya tidak tahu apakah Indonesia pernah berpartisipasi di Olimpiade sebelumnya. Saya mendengar terakhir berlaga di Olimpiade Melbourne 68 tahun lalu. Ini waktunya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade (lagi). Saya tak merasa ini sebagai tekanan besar. Saya menikmati momen dan tantangan ini. Ini adalah momen bahagia untuk para pemain. Kali ini, saya akan membuat Indonesia pergi ke Olimpiade," kata Shin Tae-yong. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES