Olahraga

Bali Siap Jadi Tuan Rumah Piala Asia Putri U17 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 10:46 | 15.80k
Latihan Timnas U17 Indonesia Putri untuk persiapan Piala Asia U17 Putri 2024 di Training Center Bali United Pantai Purnama Gianyar.(Foto: Dok. PSSI via Kompas.com)
Latihan Timnas U17 Indonesia Putri untuk persiapan Piala Asia U17 Putri 2024 di Training Center Bali United Pantai Purnama Gianyar.(Foto: Dok. PSSI via Kompas.com)

TIMESINDONESIA, BALI – Bali akan menjadi saksi pertarungan sengit delapan tim untuk memperebutkan gelar juara Piala Asia Putri U17 2024 (AFC Women's U-17 2024). Turnamen ini akan menampilkan delapan tim tangguh dari berbagai negara, termasuk tuan rumah Indonesia, serta peraih gelar terbanyak seperti Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, China, Thailand, Australia, dan Filipina. 

Edisi kesembilan turnamen ini dijadwalkan berlangsung mulai 6 hingga 19 Mei di dua stadion utama, yakni Stadion I Wayan Dipta Gianyar dan Stadion Latihan Bali United, Gianyar.

Selain memperebutkan gelar juara, turnamen ini juga akan menjadi ajang untuk merebut tiga tiket menuju Piala Dunia Putri U-17 yang akan digelar di Republik Dominika pada bulan Oktober mendatang.

Piala Asia Putri U17 2024 akan mengikuti format yang sama dengan edisi sebelumnya, dimana delapan tim akan bersaing melalui babak fase grup. Tim-tim tersebut akan terbagi ke dalam dua grup, yakni grup A dan B, untuk memperebutkan dua tiket menuju babak semifinal yang diperuntukkan bagi dua tim teratas di setiap grup.

Peta Persaingan Grup A

Tim tuan rumah Indonesia akan berusaha tampil gemilang di depan pendukungnya sendiri. Dipimpin oleh pelatih berpengalaman asal Jepang, Satoru Mochizuki, harapan terbesar dipasang pada tim tuan rumah untuk mencapai babak semifinal. Namun, tantangan besar datang dari tim-tim tangguh seperti Korea Utara, Korea Selatan, dan tim debutan, Filipina.

Korea Utara, yang telah mengoleksi tiga gelar juara sepanjang sejarah turnamen, akan menjadi lawan yang sulit bagi tim-tim lainnya. Di bawah arahan pelatih berpengalaman Choe Il Son, Korea Utara memiliki modal kuat setelah sukses meraih gelar juara pada Piala Asia U-20 2024 di Uzbekistan.

Sementara itu, Korea Selatan tampil impresif sepanjang babak kualifikasi dengan catatan tak terkalahkan dan menjadi tim paling produktif. Dengan pemain haus gol seperti Won Ju-eun, Korea Selatan diprediksi akan memberikan perlawanan sengit di turnamen ini.

Meskipun berstatus sebagai tim debutan, Filipina berhasil mencuri perhatian dengan penampilan impresifnya di babak kualifikasi. Dengan harapan tinggi pada pemain kunci seperti Isabella Preston, Filipina berambisi untuk memberikan kejutan di turnamen ini.

Peta Persaingan Grup B

Juara bertahan Jepang akan menjadi salah satu kekuatan utama yang sulit dikalahkan. Meski persiapannya mepet, Jepang dipimpin oleh pelatih Sadayoshi Shirai yang bertekad untuk mempertahankan gelar atau setidaknya merebut satu tiket menuju Piala Dunia.

China, yang menjadi juara ketiga pada edisi sebelumnya, juga menjadi ancaman serius bagi lawan-lawannya. Dengan rekor lolos ke tujuh semifinal dari delapan edisi, China dipimpin oleh juru taktik Gary van Egmond dan siap mengulang penampilan gemilangnya pada tahun 2005.

Australia datang ke turnamen ini dengan status tim tak terkalahkan sepanjang babak kualifikasi. Dengan kepercayaan pada pencetak gol terbanyak mereka, Sienna Dale, Australia siap memberikan perlawanan sengit di lapangan.

Thailand, yang menjadi tim dengan catatan terproduktif kedua di bawah Korea Selatan selama babak kualifikasi, juga tak boleh dianggap remeh. Dengan tujuan untuk mengulang kesuksesan tahun 2005, Thailand bertekad untuk menampilkan performa terbaiknya di Piala Asia Putri U17 2024. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES