Olahraga

Nikola Jokic Terpilih Sebagai MVP NBA Musim 2024

Kamis, 09 Mei 2024 - 19:05 | 17.17k
Bintang Denver Nuggets Nikola Jokic. (Foto: ANTARA/AFP/Steph Chambers)
Bintang Denver Nuggets Nikola Jokic. (Foto: ANTARA/AFP/Steph Chambers)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemain posisi center Denver Nuggets Nikola Jokic dinobatkan sebagai MVP NBA 2024 yang merupakan gelar ketiganya dalam empat musim sejak 2020-2021, 2021-2022, dan 2023-2024.

Mengutip laman resmi NBA, pemain veteran yang telah bermain selama sembilan musim asal Serbia ini adalah pemain kesembilan yang memenangkan tiga atau lebih gelar MVP, bergabung dengan Kareem Abdul-Jabbar (enam), Michael Jordan (lima), Bill Russell (lima), Wilt Chamberlain (empat), LeBron James (empat), Larry Bird (tiga), Magic Johnson (tiga) dan Moses Malone (tiga).

Pada musim reguler 2023-24, Jokić berada di peringkat 10 NBA dalam hal poin, keempat dalam rebound, dan ketiga dalam assist per game. Ia menjadi pemain kedua dalam sejarah NBA yang mencetak setidaknya 2.000 poin, 900 rebound, dan 700 assist dalam satu musim, bergabung dengan Oscar Robertson (1961-62).

“Pertama-tama, untuk rekan satu tim, tanpa mereka, saya tidak bisa berbuat apa-apa,” kata Jokic.

"Pelatih, pemain, manajemen, staf medis, pelatih kekuatan, pelatih pengembangan. Itu semua adalah satu lingkaran besar. Tapi saya tidak bisa menjadi apa pun tanpa mereka," katanya lagi.

Kemenangan MVP ketiga Jokic dengan total 926 poin, jauh di atas nilai para pesaingnya. Di tempat kedua, Shai Gilgeous-Alexander dari Oklahoma City Thunder mencatat 640 poin, di tempat ketiga ada Luka Doncic dari Dallas Mavericks dengan 566 poin.

Giannis Antetokounmpo dari Milwaukee Bucks menempati posisi keempat, dan guard New York Knicks Jalen Brunson berada di urutan kelima dalam pemungutan suara.

“Ada banyak pemain yang pantas mendapatkannya. Mungkin hanya detail dan hal-hal kecil yang membedakannya," kata Jokic yang dikenal sebagai pemain yang rendah hati dan tak suka disorot.

Jokić menempati posisi kedua di NBA dalam double-double (68) dan triple-double (25). Dia memiliki akurasi tembakan 58,3 persen dari permainan terbuka, rekor tertinggi ke-10 di liga. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES