Olahraga

173 Atlet Bulu Tangkis Bakal Bertarung di Olimpiade Paris 2024

Senin, 13 Mei 2024 - 09:18 | 14.76k
Olimpiade Paris 2024. (Foto: Koni.or.id)
Olimpiade Paris 2024. (Foto: Koni.or.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pesta olahraga terbesar di dunia, Olimpiade Paris 2024, semakin mendekati pelaksanaannya yang akan berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) telah mengumumkan bahwa sebanyak 173 atlet bulu tangkis internasional siap berlaga.

Dari total 173 atlet tersebut, 166 adalah kuota reguler, terdiri dari 83 putra dan 83 putri. Sementara itu, tiga kuota universalitas diberikan oleh Komisi Tripartit Komite Olimpiade Internasional (IOC), yang meliputi dua putra dan satu putri. Tambahan satu tempat lagi diberikan kepada atlet Tim Refugee IOC, Dorsa Yavarivafa.

Sebagai tuan rumah, Prancis telah lolos berdasarkan peringkat, sehingga kuota yang dialokasikan untuk mereka telah didistribusikan ke atlet lain yang memenuhi syarat.

Pablo Abian dari Spanyol dan Kevin Cordon dari Guatemala akan menjadi sorotan dalam Olimpiade Paris 2024 karena keduanya akan berlaga untuk kelima kalinya dalam Olimpiade musim panas. Capaian itu menyamai rekor dari atlet Polandia Robert Mateusiak dan atlet Thailand Boonsak Ponsana.

Selain itu, Ratchanok Intanon (Thailand), Michelle Li (Kanada), Tai Tzu Ying (Taiwan), Lianne Tan (Belgia), dan Tse Ying Suet (Hong Kong) akan tampil dalam Olimpiade keempat mereka Juli mendatang.

El Salvador, Kazakhstan, dan Nepal akan mengirimkan wakil untuk pertama kalinya dalam cabang olahraga bulu tangkis, dengan Uriel Francisco Canjura Artiga, Dmitriy Panarin, dan Prince Dahal yang akan bertanding dalam nomor tunggal putra.

Para juara Olimpiade Tokyo 2020, termasuk Wang Yi Lyu (ganda campuran), Greysia Polii (ganda putri), Viktor Axelsen (Denmark), Chen Yu Fei (China), dan Lee Yang/Wang Chi-Lin (Taiwan), juga telah memastikan kehadiran mereka di Olimpiade Paris 2024.

Rekan Wang Yi Lyu, Huang Dong Ping (China) kembali finis kedua pada peringkat Race to Paris bersama rekan barunya, Feng Yan Zhe. 

Indonesia akan menjadi salah satu peserta paling kuat dengan mewakili di semua nomor bulu tangkis yang dipertandingkan. Selain Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti pada ganda putri, Gregoria Mariska Tunjung akan turun di nomor tunggal putri.

Sementara Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting akan menunjukkan kepiawaian mereka dalam nomor tunggal putra.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari akan mewakili Indonesia dalam nomor ganda putra dan ganda campuran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES