Olahraga

Dinas PU CKPP Banyuwangi Pastikan Kelancaran International Tour De Banyuwangi Ijen dengan Jalan Mulus

Rabu, 29 Mei 2024 - 19:08 | 15.32k
Peserta balapan tour de Banyuwangi Ijen 2019. (Dok. TIMES Indonesia).
Peserta balapan tour de Banyuwangi Ijen 2019. (Dok. TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Perumahan dan Permukiman (PU CKPP) Banyuwangi berkomitmen untuk memastikan kelancaran International Tour De Banyuwangi Ijen dengan menjamin kondisi jalan yang mulus dan aman bagi para peserta. 

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas PU CkPP Banyuwangi, Dr. Suyanto Waspo Tondo Wicaksono, M.Si, mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk mensukseskan acara balap sepeda kelas dunia tersebut. Salah satunya yakni dengan memastikan jalan yang dilalui pembalap sepeda kurang lebih sepanjang 500 sampai 600 Kilometer mulus alias aman untuk dilalui.

“Kami memastikan jalur benar-benar clear, halus, mulus dan tidak ada hambatan,” kata pria yang akrab disapa Yayan usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Banyuwangi, Rabu, (29/5/2024). 

Peserta-balapan-tour-de-Banyuwangi-Ijen-2019-b.jpgPlt Dinas PU CkPP Banyuwangi, Dr. Suyanto Waspo Tondo Wicaksono, M.Si, usai menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

Meski Demikian, Yayan mengaku bahwa masih terdapat kendala di Jalan Raya Nasional Jember atau tepatnya di pertigaan Labanasem Dr. Wiriyanto. Pasalnya, di jalan tersebut terdapat pembangunan jembatan.

“Sudah kami komunikasikan bersama pihak terkait, agar waktu pelaksanaan balapan bisa dilalui pembalap dengan lancar dengan pengaturan lalu lintas tertentu. Kami atur sekarang agar tidak mengganggu pembalap," ungkapnya.

Tidak hanya itu, Jalan Raya Pakel yang nantinya dilalui pembalap juga dilakukan pembangunan pelebaran jalan oleh Dinas PU CKPP Banyuwangi. 

Menurut Yayan, tujuan dari pelebaran jalan tersebut bukan hanya untuk persiapan event balap sepeda internasional ini saja. Melainkan, sebagai upaya untuk mendukung wisata di daerah Pakel.

Selain itu, upaya ini juga sebagai langkah untuk mengurangi kendaraan wisatawan dari arah Rogojampi masuk ke Kota dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

“Diharapkan, jalan tersebut bisa nyambung antara Licin dan Rogojampi. Sehingga wisatawan dari arah Rogojampi  ke arah Licin tidak full melalui Glagah, tapi bisa melalui Jalan Pakel," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES