Olahraga

Southeast Asia Judo Championships 2024 Resmi Ditutup, Indonesia Raih 47 Medali

Senin, 03 Juni 2024 - 08:56 | 14.54k
Konferensi pers terkait penutupan Indika Energy Southeast Asia Judo Championships 2024 semalam. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)
Konferensi pers terkait penutupan Indika Energy Southeast Asia Judo Championships 2024 semalam. (Foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BALI – Indika Energy Southeast Asia Judo Championships 2024 resmi ditutup semalam dan sukses di setarakan dengan SEA Games.

Kejuaraan ini merupakan peningkatan dari program Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI), dimana Indonesia untuk pertama kalinya dipercaya untuk menyelenggarakan kejuaraan ini.

Indika Energy Southeast Asia Judo Championships ini dinilai setara dengan SEA Games. Ini disampaikan Ketua Persatuan Judo Asia Tenggara, Mr. Hassabodin Rojanachiva melalui Wakil Ketua Umum 1 PB PJSI Irjen Pol (Purn) MB. Hutagalung, didampingi Sekjen PB PJSI Regina Lefrandt Vega, Ketua Panitia Penyelenggara Kolonel Cpm Unggul Wahyudi, S.H., M.Tr(Han)., dan Koordinator Humas Kolonel Inf Agung Udayana, S.E., M.M., yang mengungkap bahwa event ini lebih besar dari kegiatan SEA Games.

"Kegiatan Southeast Asia Judo Championships 2024 ini telah menjadi satu langkah lebih maju dari Program PB PJSI dengan bantuan rekan-rekan dari Kodam IX/Udayana sehingga dapat berlangsung dengan sangat baik," paparnya dalam sesi Konferensi Pers Indika Energy Southeast Asia Judo Championships 2024, di GOR Yudomo, Denpasar, Minggu malam (2/6/2024).

Dari segi penyelenggaraan, pihaknya mengungkapkan jika ditinjau dari jadwal kegiatan di Asia Tenggara, kegiatan ini merupakan pemanasan dalam menghadapi SEA Games.

"Perlu diketahui bersama, Indonesia sudah meloloskan 1 pejudo pada Olimpiade tahun ini, hal ini sebagai catatan sejarah karena telah sekian lamanya absen. Ini juga merupakan sebuah prestasi yang besar di era kepemimpinan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Kami juga mengharapkan dukungan dari rekan-rekan media untuk mendorong agar program-program dari  PB PJSI dapat berjalan dengan baik," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara mengungkapkan respon positif dari para peserta terutama dari negara-negara luar. Disampaikannya bahwa mereka sangatlah surprise dengan penyajian kegiatan yang digelar di Bali ini. Terlebih event semacam ini juga telah sekian lama tidak ada.

"Jadi intinya, mereka sangat bangga dan bahagia bisa mengikuti kegiatan semacam ini di Bali yang merupakan destinasi pariwisata tersohor di Indonesia," pungkas Kolonel Cpm Unggul Wahyudi, S.H., M.Tr.

Terkait dipilihnya Bali sebagai tuan rumah, Koordinator Humas dan Dokumentasi, Kolonel Agung Hudayana merasa bersyukur dan berterimakasih kepada Ketua Umum PB PJSI yang juga sebagai Kepala Staf TNI AD (Kasad) karena telah mempercayakan dan memilih Bali sebagai venue digelarnya event Indika Energy Southeast Asia Judo Championships 2024 ini.

Selain meningkatkan potensi dan prestasi para Atlet, ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga bermanfaat bagi masyarakat Bali.

"Hal tersebut dikarenakan akomodasi penginapan dan transportasi hingga konsumsi untuk para peserta maupun panitia menggunakan produk lokal, sehingga hal ini sangatlah berdampak positif bagi perkembangan dan peningkatan perekonomian di Bali, " jelasnya.

Pihaknya juga melakukan testimoni kepada para peserta luar negeri yang mengakui bahwa Kejuaraan Judo se-Asia Tenggara kali ini sangatlah jauh berbeda kualitasnya dengan Kejuaraan Judo se-Asia Tenggara sebelumnya yang digelar di Malaysia.

"Perbedaan tersebut tampak dari segi kualitas arena dan seluruh fasilitas yang diberikan, dikarenakan kami telah persiapkan ini dengan baik," imbuhnya.

Selain itu, Kolonel Agung Udayana juga mengatakan bahwa setelah ditutupnya kegiatan ini, para peserta dan seluruh officialnya akan diajak untuk berwisata ke Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Pandawa dan Melasti.

Hal menarik ini merupakan kebijaksanaan langsung dari Ketua Umum PB PJSI yang juga peduli dengan perkembangan pariwisata di Bali.

Seperti diketahui bersama, bahwa Kejuaraan Judo se Asia Tenggara yang digelar selama 3 hari di Bali ini ditutup semalam. Adapun peringkat perolehan medali terbanyak diraih oleh Kontingen Vietnam dengan 18 Medali Emas, 14 Medali Perak dan 27 Medali Perunggu.

Disusul Indonesia sebagai runner up dengan perolehan 9 Medali Emas, 14 Medali Perak dan 24 Medali Perunggu. Sementara, diposisi ketiga diraih oleh Philipina dengan raihan 3 Medali Emas, 2 Medali Perak dan 6 Medali Perunggu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES