Otomotif

Berbahan Kayu, Toyota Siap Pamerkan Setsuna

Sabtu, 12 Maret 2016 - 20:17 | 37.01k
Setsuna, mobil konsep Toyota berbahan dasar kayu (Foto: gizmodo)
Setsuna, mobil konsep Toyota berbahan dasar kayu (Foto: gizmodo)

TIMESINDONESIA, JEPANG – Toyota siap memamerkan mobil yang berbahan dasar kayu. Diberi nama Setsuna, mobil konsep itu akan melakoni debutnya pada Milan Design Week 11 April 2016 mendatang.

Menurut produsen mobil asal Jepang itu, pemilihan materi yang sebagian besar dari pohon mati itu karena 'bahannya yang tahan lama dan rentan berubah dari waktu ke waktu'.

Advertisement

Karena alasan itulah, Setsuna akan menunjukkan bagaimana 'mobil bertansformasi secara bertahap selama bertahun-tahun, sebagaimana mobil menyerap kenangan, aspirasi dan emosi dari beberapa generasi sebuah keluarga'.

Tak hanya itu, mobil kayu ini diklaim akan berubah tergantung penggunaan dan perawatannya, serta faktor lingkungan, suhu dan kelembaban tertentu. Toyota mengklaim, Setsuna akan memberikan 'karakter dan pendalaman yang unik'.

Menggunakan beberapa jenis kayu, terutama pohon cedar dari Jepang untuk panel eksterior dan birch untuk bagian rangka, semua elemen disatukan dengan metode okuriari atau sebuah teknik perekatan tradisional Jepang yang tak menggunakan paku atau sekrup.

Dengan keseluruhan bentuk mobil menyerupai perahu, Setsuna hadir untuk dua penumpang dengan dimensi panjang 3.030 mm, lebar 1.480 mm tinggi 970 mm dan wheelbase 1.700 mm. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES