Otomotif

Bursa Mobil Bekas Bondowoso Mencapai Rp 400 Juta Perhari

Minggu, 30 Oktober 2016 - 13:01 | 157.90k
Calon pembeli mobil bekas dari Bondowoso saat memilih di bursa mobil bekas di Sukowiryo, Bondowoso, Jawa Timur. (Foto: Ahdari/TIMESIndonesia)
Calon pembeli mobil bekas dari Bondowoso saat memilih di bursa mobil bekas di Sukowiryo, Bondowoso, Jawa Timur. (Foto: Ahdari/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Asosiasi Pedagang dan Jasa Mobil (APJM) Bondowoso, Jawa Timur, mencatat transaksi penjualan mobil yang tercatat di bursa mobil bekas mencapai Rp 400 juta dalam sehari. 

Ketua Panitia bursa mobil yang juga ketua APJM Bondowoso, Totok Supardi mengatakan, sejak awal dibuka bursa mobil di Sukowiryo, Kota Bondowoso pada Sepekan lalu, tercatat sudah 30 unit lebih mobil yang terjual dengan nilai transaksi mencapai Rp 2,4 milyar. 

Advertisement

“Ini sudah laku 30 lebih mobil dalam 6 hari. Jika rata – rata perhari laku 5 mobil artinya nilai transaksi dalam sehari bisa mencapai Rp400 juta,” kata Totok Supardi, Minggu (30/10/2016).

Totok mengatakan, besarnya transaksi ini tak lepas dari meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor. APJM memperkirakan, kebutuhan kendaraan khususnya mobil bekas di Bondowoso meningkat hingga 5 persen tiap tahun.

“Sekarang sudah banyak mobil murah, selain itu pengaruh panen juga turut menyumbang tingginya pembelian kendaraan bermotor. Biasanya saat panen, penjualan meningkat drastis,” ujarnya.

Totok menambahkan, transaksi di bursa mobil ini dipastikan aman. Hal ini tak lepas dari pengawasan seluruh panitia yang juga menggandeng sejumlah pihak baik Kepolisan dan Samsat Bondowoso.

“Jadi selain banyak pilihan mobil bagi konsumen, ada juga nilai plus transaksi disini. Sejak digelar 1998, tidak pernah ada kendaraan yang bermasalah. Karena kami juga gandeng pihak Kepolisian dan Samsat untuk lebih meyakinkan calon pembeli,” pungkas Totok.

Sementara itu, Sugeng, pedagang mobil asal lumajang yang ikut berpartisipasi dalam bursa ini mengaku, Bondowoso termasuk lokasi favorit dalam transaksi jual - beli mobil bekas.

"Disini tidak hanya penjualan langsung ke konsumen, saya sering juga transaksi tukar tambah dengan sesama pedagang baik dari Bondowoso sendiri maupun pedagang dari luar kota lainnya," ungkapnya.‎

‎Bursa mobil yang diselenggarakan APJM ini diikuti oleh Asosiasi Pedagang dan Jasa Mobil dari berbagai kota di Jawa Timur. Tercatat ada lebih dari 200 mobil yang di display oleh panitia penyelenggara.

Bursa mobil Bondowoso sendiri digelar 2 kali dalam setahun. Selain pada bulan Muharram, bursa serupa digelar saat bulan Ramadhan. Bursa ini akan berlangsung selama sebulan lamanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES