Otomotif

Sepeda Motor Listrik Ber-STNK Mulai Dipasarkan

Sabtu, 28 Oktober 2017 - 15:23 | 126.65k
Sepeda Motor Listrik (FOTO: Sportku)
Sepeda Motor Listrik (FOTO: Sportku)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sepeda motor listrik ber-STNK dan nomor polisi pertama di Indonesia diluncurkan di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (27/10) saat upacara peringatan Hari Listrik Nasional ke-72 di PLN Wilayah Kalbar.

"PLN saat ini gencar memanfaatkan teknologi smart grid yang merupakan basis smart energy untuk menjamin penggunaan energi yang efisien, ekonomis serta berkelanjutan. Satu di antara pemanfaatan itu, yakni PLN ikut memakai sepeda motor listrik," ujar Manager Niaga PT PLN (Persero) Wilayah Kalbar, Iman Faskayana di Pontianak, Jumat (27/10).

Advertisement

Sepeda motor listrik tersebut adalah bentuk kolaborasi anata PLN bersama dengan Viar Motor Indonesia, produsen motor Listrik itu. PLN dalam hal ini adalah penyedia energi listrik  sepeda motor tersebut.

"Hadirnya motor listrik bersamaan dengan tengah gencarnya kita menghadirkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) di Kalbar. Jadi kedua pihak ini berkolaborasi," kata dia.

Sementara itu, Area Marketing Manager Viar Motor Indonesia, Haryadi menargetkan untuk wilayah Pontianak hingga akhir tahun 2017 penjualan mencapai 100 unit.

"PLN saja saat ini sudah memesan 13 unit. Target pangsa pasar tahap awal kita yang di kota dan kota kabupaten. Kita melihah pangsa pasar di Kalbar sudah cukup besar," kata dia.

Diaa menjelaskan, kelebihan produknya yang menggunakan listrik, yakni untuk mencapai jarak 60 kilometer hanya butuh Rp3000. Hal itu karena penggunaan listrik untuk jarak tempuh tersebut hanya butuh 2 Kwh.

"Dengan sepeda motor listrik selain hemat juga ramah lingkungan. Belum lagi soal servis motor seperti penggantian oli dan sebagainya tidak ada," kata dia.

Usai upacara peringatan Hari Listrik Nasional ke-72, General Manager PLN Wilayah Kalbar Richard Safkaur turut melakukan uji coba sepeda motor listrik tersebut. Selain itu juga dilakukan "test-charging" di SPLU PLN. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Antara News

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES