Otomotif

Sepeda Motor Bebek Lama Tak Terpakai, Coba Cek Komponen Ini

Minggu, 24 Mei 2020 - 18:25 | 55.37k
Ilustrasi servis sepeda motor. (FOTO: dok/TI)
Ilustrasi servis sepeda motor. (FOTO: dok/TI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Imbauan berdiam diri di rumah karena Covid-19, tentu membuat motor lama tak terpakai. Meski demikian, perawatan sepeda motor pun tetap harus dilakukan.

Melansir dari Federal Oil, ada tips perawatan motor bebek agar tetap tangguh di jalan, meski lama tak terpakai. Hal pertama yang harus dilakukan yakni melakukan pengecekan oli secara rutin. Ini menjadi hal dasar untuk merawat sepeda motor.

Advertisement

Oli merupakan cairan yang akan membantu kinerja, sehingga mesin menjadi lebih halus dan tidak mudah panas. Karena itu, lakukan pergantian secara rutin agar performa mesin selalu prima. Pergantian rutin ini bisa dilakukan saat jarak tempuh motor sudah mencapai 2.000 hingga 2.500 kilometer.

Kemudian, tips lainnya ialah memperhatikan pengapian dan kelistrikan. Masalah pada pengapian bisa membuat motor kesayangan mogok. Bersumber dari busi, untuk menjaga pengapian tetap baik, pengecekan rutin harus dilakukan. Pastikan busi dalam keadaan kering tanpa jelaga atau hangus.

Sedangkan, pada kelistrikan, sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi memerlukan listrik dari aki sebagai sumber energi karenakan kerja injektor harus terhubung dengan asupan listrik yang stabil. Sebab itu, untuk memudahkan perawatan, pilih aki kering yang minim perawatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES