Otomotif

GP Formula 1 Jepang Dibatalkan karena Kasus Covid-19 Meningkat

Rabu, 18 Agustus 2021 - 18:04 | 33.81k
Grand Prix Jepang terakhir diadakan pada tahun 2019. (FOTO: Twitter Scuderia Ferrari)
Grand Prix Jepang terakhir diadakan pada tahun 2019. (FOTO: Twitter Scuderia Ferrari)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Grand Prix Formula 1 di Jepang musim ini, yang semula dijadwalkan pada 8-10 Oktober 2021, telah dibatalkan karena peningkatan kasus Covid-19 di negeri Sakura ini.

"Keputusan telah diambil oleh pemerintah Jepang untuk membatalkan balapan musim ini karena kompleksitas pandemi yang sedang berlangsung," kata pihak Formula 1 seperti dilansir BBC Sport.

Formula 1 sedang mengerjakan rincian kalender yang direvisi dan akan mengumumkan rincian akhir dalam beberapa minggu mendatang. Semestinya Jepang akan menjadi yang ke-17 dari 23 putaran di sirkuit musim ini.

Balapan di Australia, Cina, Kanada, dan Singapura telah dibatalkan musim ini, dengan Grand Prix Turki awalnya dibatalkan tetapi kemudian diaktifkan kembali.

"Formula 1 telah membuktikan tahun ini, dan pada 2020, bahwa kami dapat beradaptasi dan menemukan solusi untuk ketidakpastian yang sedang berlangsung dan bersemangat dengan tingkat minat di lokasi untuk menjadi tuan rumah acara Formula 1 tahun ini dan seterusnya," ujar Formula 1.

Ini adalah tahun kedua berturut-turut balapan Jepang tidak diadakan karena pandemi Covid-19, dengan acara tahun 2019 terganggu oleh topan Hagibis.

Jepang menjadi tuan rumah balapan terakhir musim itu enam kali pada akhir 1990-an dan awal 2000-an. Namun kalender 2021 akan ditutup dengan Grand Prix Arab Saudi pertama pada 5 Desember diikuti dengan final di Abu Dhabi seminggu kemudian.

Musim berlanjut dengan Grand Prix Formula 1 Belgia di Spa pada 29 Agustus mendatang. Lewis Hamilton dari tim Mercedes unggul tipis delapan poin atas pebalap Red Bull, Max Verstappen di klasemen sementara pebalap. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES