Otomotif

Mengaspal di Indonesia, Berikut Harga dan Spesifikasi 6 Mobil Listrik Terlaris

Kamis, 30 Desember 2021 - 09:21 | 115.24k
Mengaspal di Indonesia, Berikut Harga dan Spesifikasi 6 Mobil Listrik Terlaris
Hyundai Ioniq EV. (Foto: carpixel)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tren kendaraan listrik pada 2021 semakin nyata di Indonesia. Pabrikan kini bahkan sudah menjual mobil listrik mereka, antara lain Hyundai, Nissan, dan DFSK. Bahkan pemain baru dari China, Morris Garage, juga sudah meluncurkan mobil listrik mereka. Nah, berikut mobil-mobil listrik terlaris yang meluncur di Indonesia sepanjang 2021.

Hyundai Ioniq EV

Hyundai Ioniq EVFoto: laxmihyundai

Hyundai memperkenalkan mobil listrik Ioniq EV pada awal 2021. Mobil ramah lingkungan ini hadir dengan desain yang sangat kekinian. Hyundai membekali Ioniq EV dengan baterai 38,3 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 373 km.

Hyundai mengklaim mobil ini mampu mengisi dari mulai 0 hingga 80 persen hanya dengan kurang dari 1 jam, tepatnya 54 menit. Mobil ini dibanderol Rp649 juta.  

Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona ElectricPhoto: Hyundai

Selain Ioniq EV, Hyundai juga meluncurkan satu mobil listrik lain yang diberi nama Kona Electric. Jika Ioniq EV berwujud sedan, maka Kona adalah sebuah SUV. Sehingga terlihat lebih macho dan gagah.

SUV kompak ini dibekali baterai berkapasitas 39,2 kWh yang bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 305 km. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp697 juta.

The All New Nissan Leaf

The All New Nissan LeafFoto: autos

Selain Hyundai, Nissan juga cukup agresif di pasar mobil listrik tanah air. Pabrikan asal Jepang ini meluncurkan The All New Nissan Leaf pada 2021. Mobil listrik ini dibekali baterai lithium-ion 40 kWh yang memungkinkan The All-New Nissan LEAF dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya (charging) berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC).

The All New Nissan Leaf ini sanggup berlari dari 0–100 km/jam hanya dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam. Cukup gesit, ya! Mobil ini juga diklaim memiliki tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm.

The All-New Nissan Leaf ditawarkan dengan harga Rp649 Juta untuk opsi one tone dan Rp651 Juta untuk opsi dual tone semua harga sudah dalam kategori on the road Jakarta.

Nissan Kicks e-Power

Nissan Kicks e PowerFoto: throttle-blips

Nissan Kicks e-Power merupakan model pertama dengan fitur berkendara mobil listrik tanpa perlu charger eksternal karena sistem e-POWER membuat roda-roda sepenuhnya digerakkan motor listrik, sementara mesin bensin hanya digunakan untuk men-charge baterai dan mengalirkan listrik untuk motor.

Mobil ini juga memakai One-Pedal Operation yang memberikan kepraktisan bagi pengemudi karena tidak perlu memindahkan kaki dari pedal gas ke pedal rem, sebab fungsi akselerasi dan deselerasi sudah digabungkan dalam satu pedal.

All New Nissan Kicks e-Power dilengkapi fitur keamanan baru antara lain Intelligent Emergency Braking, Intelligent Cruise Control, Blind Spot Warning, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Trace Control dan Hill Start Assist.

DFSK Gelora E

DFSK Gelora EFoto: Carmudi

Pabrikan asal China, DFSK, juga tak mau kalah di pasar mobil listrik tanah air. Mereka meluncurkan minivan berpenggerak listrik, DFSK Gelora E, yang bisa menempuh jarak hingga 300 kilometer dengan sekali pengisian daya.

Mobil van ini berukuran 4.500mm x 1.680mm x 2.000mm (PxLxT), cukup lega lega untuk memuat pengaturan 7 tempat duduk penumpang. Model blind van memiliki kabin yang lebih panjang, mencapai 2,63m dengan luas 4,8 meter kubik sehingga cocok untuk bisnis kargo dan logistik.

Mobil ini dibanderol dengan harga Rp510 juta-Rp520 juta untuk model minivan dan Rp480 juta-Rp490 juta untuk model blind van.  

MG 5 EV

MG 5 EVFoto: autos

MG Motor Indonesia meluncurkan mobil listrik MG 5 EV di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Mobil ini diklaim mampu menempuh hingga 380 km dengan kondisi daya baterai penuh sebesar 50,3 kWh yang telah teruji serta tersertifikasi IP67 tahan air dan debu.

MG 5 EV tampil secara estetik dengan lampu belakang LED berdesain electric pulse dan lampu depan projector dengan LED Daytime Running Lights. Selain itu, kapasitas bagasinya juga mampu memuat hingga 1.456 liter. (*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES