Otomotif

Kisah Revolusi Mobil Listrik Peugeot, Bermula Saat Perang Dunia II

Kamis, 22 September 2022 - 02:27 | 36.93k
Kisah Revolusi Mobil Listrik Peugeot, Bermula Saat Perang Dunia II
Logo SUV New Peugeot e-2008.(Foto: Dok.Peugeot)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mobil listrik bukan hal baru bagi Peugeot. Lebih dari 8 dekade, pabrikan asal Perancis ini memperkenalkan mobil bertenaga elektrik tersebut.

Kendaraan listrik Peugeot pertama yang dipasarkan pada tahun 1941 disebut VLV (Véhicule Léger de Ville - Light City Vehicle).

Kisah itu bermula selama Perang Dunia Kedua (PD II). Kondisi penjatahan BBM saat itu membuat pabrikan mesti mencari sumber energi alternatif. Beruntung, Peugeot menjadi pabrikan besar yang tertarik pada alat penggerak ini.

Peugeot VLV (1941), Kecerdasan Sederhana

Menghadapi pendudukan Jerman (1941), Peugeot mengusulkan alternatif unik untuk Véhicule Léger de Ville. VLV merupakan Kendaraan Kota Ringan, sebuah mobil kecil yang dirancang untuk kereta penggerak listrik yang efisien.

Inilah kendaraan listrik Peugeot pertama dan merupakan cabriolet mini dengan dua kursi offset. Kendaraan ekonomis yang dirancang untuk penggunaan perkotaan ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi.

Mobil-listrik-Peugeot-generasi-baru.jpgMobil listrik Peugeot generasi baru.(Foto: Dok.Peugeot)

Didesain sebagai "mobil sepeda", dengan jalur lebar di depan dan jalur sempit.  VLV menggunakan listrik menggunakan baterai yang disimpan di bagasi depan, dan motor listrik tanpa diferensial yang mengatur roda belakang.

Jangkauan jelajahnya hingga 70 hingga 80 km dengan kecepatan hingga 35 km/jam. VLV banyak digunakan oleh pekerja pos atau dokter. Ada 377 unit VLV Peugeot diproduksi antara tahun 1941 dan 1943 di pabrik La Garenne di wilayah Paris (377 unit).

Peugeot 106 ELECTRIC (1993), Lebih Maju dari Masanya

Sebagai pabrikan Eropa pertama yang memasarkan kendaraan listrik kepada pemerintah dan perusahaan lokal pada tahun 1989 (J5), Peugeot mulai memasarkan mobil listrik kepada personal Juli 1995 dengan "106 ELECTRIC".

Peluncuran komersial ini didahului oleh eksperimen yang dilakukan dalam kemitraan dengan EDF dan Communauté de Villes de La Rochelle dari akhir 1993 hingga akhir 1995.

Dua puluh lima (25) "106 ELECTRIC" diuji oleh perorangan, profesional, dan administrasi lokal. Sementara 106  diproduksi 1990-2003 di 2.798.246 unit, termasuk 3.542 model listrik antara 1993 dan 2003.

Peugeot Touareg (1996), Rekreasi Bertenaga Listrik 4x4

Diperkenalkan di Paris Motor Show 1996, kendaraan santai dan terbuka ini adalah off-roader yang senyap, tidak berbau dan ramah lingkungan.  Hal ini berkat baterai nikel atau kadmium hidrida yang terletak di belakang kursi depan.

Dengan pengoperasian yang senyap, tidak adanya emisi polusi dan perawatan estetika tipe Peugeot, kendaraan ini menampilkan semua tanda yang jelas dari simbiosis nyata antara perjalanan, rekreasi, dan alam.

Fitur-dalam-mobil-listrik-Peugeot.jpgFitur dalam mobil listrik Peugeot.(Foto: Dok.Peugeot)

Mesin listriknya memiliki tenaga 35,5 kW. Hal ini dibantu oleh mesin satu silinder, bertindak sebagai generator yang memungkinkan baterai untuk diisi ulang secara mandiri dan memberikan jangkauan 300 kilometer pada 15 liter bahan bakar.

Peugeot EX1 (2010), Performa Elektrik di Level Puncak

Dirancang 2010 untuk merayakan ulang tahun ke-200 merek Peugeot, mobil konsep 100 persen elektrik ini adalah roadster. Dua tempat duduk dengan gaya futuristik dan arsitektur asli, didesain menawarkan sensasi berkendara yang intens dan nyata.

EX1 melaju dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 2,24 detik untuk mencapai kecepatan tertinggi 260 km/jam dalam 5,1 detik. Performanya, hasil dari aerodinamis, struktur ultra-ringan, dan dua mesin listrik, yang memberikan daya kumulatif maksimum 250 kW (340 bhp) yang tersebar di seluruh sistem penggerak 4 rodanya.

Berkat struktur karbon dan bobotnya yang ringan, mobil konsep Peugeot EX1 memecahkan enam rekor dunia - disetujui oleh International Automobile Federation, di sirkuit Montlhéry yang legendaris, tetapi juga di China.

SUV New Peugeot e-2008 (2019)

PEUGEOT SUV e-2008 baru merupakan interpretasi ultra-modern dari pengalaman berkendara yang naluriah dan serbaguna. Ini memiliki dimensi SUV sejati dan menonjol dengan gaya yang kuat dan khas.

Ultra-teknologi, ini mewujudkan generasi baru dari Peugeot i-Cockpit® 3D, peralatan dan alat bantu mengemudi yang impresif. SUV Peugeot listrik 100% pertama ini memberi pengendara akses ke dunia sensasi baru, kecemerlangan tingkat atas, pengoperasian senyap, tanpa getaran, dan kebebasan berkendara di Zona Hijau dengan akses terbatas.

Dengan jangkauan jelajahnya hingga 320 km (di bawah protokol persetujuan WLTP), bertenaga 100 kW (136 dk) dan torsi 260 Nm (tersedia dari 0 km/jam) memastikan akselerasi berkelas. Karakter yang dinamis, SUV baru Peugeot e -2008 memberikan nuansa jalan dan kenikmatan berkendara yang menjadi ciri khas kendaraan merek tersebut.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

KOPI TIMES