Otomotif

Market SUV Moncer, HSC Boyong Honda WR-V ke Surabaya

Kamis, 01 Desember 2022 - 14:25 | 38.21k
Honda WR-V resmi mengaspal dan dikenalkan  HSC kepada publik lewat pameran end year sale di Surabaya, Kamis (1/12/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Honda WR-V resmi mengaspal dan dikenalkan HSC kepada publik lewat pameran end year sale di Surabaya, Kamis (1/12/2022). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYAHonda Surabaya Center (HSC) selaku main dealer mobil Honda Wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara memboyong produk terbaru Honda WR-V untuk pertama kalinya di Pakuwon Mall Surabaya mulai 30 November-4 Desember 2022 mendatang. 

Produk anyar ini diluncurkan pertama kali di Jakarta pada 2 November lalu dan menjadi model pertama Honda di segmen Small SUV di Indonesia. Memadukan karakter khas SUV Honda yang memiliki performa dan teknologi terdepan dengan desain lebih compact dan gaya lebih sporty.

Advertisement

Marketing and After Sales Service Director HSC, Wendy Miharja mengatakan, pada tahun 2021 penjualan mobil passenger terjual 619 ribu unit secara retail di Indonesia, atau naik 51% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Segmen SUV meraih penjualan tertinggi dengan total 227.626 unit dimana penjualan SUV di tahun 2021 meningkat 85% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

Hal tersebut disebabkan oleh pemerataan ekonomi dan infrastruktur ke berbagai daerah di Indonesia sehingga menciptakan pasar otomotif baru di mana konsumen menginginkan mobil yang lebih sesuai dengan kondisi alam dan kebutuhan.

Honda-WR-V-2.jpgPameran produk-produk Honda di Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Kamis (1/12/2022).

Pada tahun 2021 beberapa pendatang baru di segmen small SUV mulai hadir dan memberikan kontribusi yang cukup signifikan di segmen small SUV. 

Pada periode Januari-Agustus 2022, pertumbuhan Small SUV semakin menunjukkan tren positif dengan peningkatan penjualan sebesar 90% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Wendy Miharja menambahkan, kehadiran Honda WR-V di Surabaya dan Jatim ini akan menambah pilihan baru bagi konsumen terutama peminat small SUV.

"Honda kini masuk ke segmen small SUV karena beberapa tahun terakhir ini ada tren pertumbuhan pasar small SUV secara total brand sebesar 50,48 persen (yoy). Ini seiring dengan meningkatnya pembangunan jalan tol sampai jalan pedesaan," katanya, Kamis (1/12/2022). 

Menurut Wendy, tingginya pertumbuhan pasar mobil small SUV ini salah satunya disebabkan oleh situasi dan pola hidup masyarakat yang berubah akibat pandemi Covid-19. 

Kini masyarakat banyak yang melakukan kegiatan liburan ke alam pedesaan sehingga butuh mobil compact dan dapat diandalkan di segala medan.

"Nah tentu WR-V sebagai small SUV sangat cocok digunakan untuk gaya hidup masyarakat yang seperti ini," ujarnya.

Wendy mengklaim sejak launching di Jakarta, WR-V di Jatim sendiri sudah menerima inden sebanyak 102 unit.

Honda Surabaya Center sendiri memproyeksikan penjualan mobil Honda WR-V bisa mencapai 250 unit per bulan, sehingga dapat berkontribusi terhadap total penjualan sebesar 13-14 persen.

Selain itu, kehadiran WR-V ini juga diharapkan dapat memacu target penjualan HSC secara total hingga akhir tahun ini yakni sebanyak 15.717 unit.

"Sampai Oktober penjualan kita sudah mencapai 12.087 unit, dan pada November ini saja kami yakin tercapai target 100 persen sebanyak 1.752 unit, sehingga tinggal mengejar penjualan selama Desember," imbuhnya.

President Director Honda Surabaya Center, Ang Hoey Tiong mengatakan, Honda WR-V dipersembahkan untuk orang-orang yang memiliki semangat untuk unggul dan akan membawa mereka menjadi pemenang dalam kehidupannya.

"Dikembangkan melalui riset dan pengujian langsung, Honda WR-V dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia. Berbagai fitur unggulan seperti desain yang sporty, performa mesin terbesar, ground clearance tertinggi, hingga teknologi keselamatan terdepan pada Honda WR-V membuat model ini unggul dibandingkan model lain di kelasnya," katanya di Surabaya. 

Dia meyakini produk ini bisa menjadi pilihan menarik mengingat Honda WR-V hadir dengan berbagai keunggulan mulai dari aspek desain yang sporty, performa mesin, ground clearance hingga teknologi keselamatan.

Honda WR-V dikembangkan dari Honda SUV RS Concept yang merupakan sebuah SUV Compact dengan karakter yang lebih sporty khas varian RS dari Honda. 

Konsep ini sebelumnya juga telah diwujudkan melalui varian RS yang hadir pertama kali pada sebuah model SUV melalui All New Honda HR-V yang diluncurkan di Indonesia pada Maret 2022.

Penerapan penuh dari konsep ini kemudian hadir melalui model produksi massal dari Honda WR-V yang sempat ditampilkan dengan stiker kamuflase di pameran otomotif dan roadshow di berbagai daerah di Indonesia, yang juga telah disambut dengan sangat antusias oleh konsumen.

Sebelum diluncurkan, Honda WR-V telah melalui serangkaian riset terhadap konsumen dan menjalani tes di berbagai kondisi jalan di Indonesia. 

Berdasarkan hasil studi tersebut, Honda kemudian merancang sebuah mobil yang menjawab kebutuhan konsumen di Indonesia, khususnya di segmen anak muda dan keluarga muda yang menginginkan sebuah SUV berukuran compact yang cocok untuk perkotaan maupun sub-urban, memiliki desain stylish dan sporty, performa bertenaga dan fitur yang canggih.

Di Indonesia, Honda WR-V hadir melengkapi lini SUV Honda yang sebelumnya telah sukses dengan model seperti New Honda CR-V, All New Honda HR-V dan All New Honda BR-V.

Sebagai bagian dari lini SUV Honda, Honda WR-V juga dibekali karakter yang menjadi ciri khas SUV Honda lainnya seperti ground clearance tinggi, performa mesin yang bertenaga, kabin yang luas, serta teknologi yang canggih. Lebih dari itu, Honda WR-V dirancang dengan gaya yang lebih sporty dan berbagai keunggulan dibandingkan model lain di kelasnya.

Produk small SUV ini sendiri dikembangkan dari Honda SUV RS Concept yang merupakan sebuah SUV compact dengan karakter sporty khas varian RS dari Honda. 

Secara desain, front end pada produk ini hadir dengan grille depan yang mengusung desain tesselated bernuansa futuristik dan dilengkapi dengan lampu depan modern dengan aksen chrome berwarna gelap yang sporty.

Honda WR-V juga hadir dengan lampu depan LED tipis, tajam dan panjang sehingga terlihat premium serta memberikan visibilitas bagi pengemudi secara jelas. Mobil ini juga dilengkapi dengan lampu sein sequential yang modern dan membuat tampilan depan SUV ini terlihat menarik.

Sementara itu, tampilan desain belakang mobil terlihat canggih dan unik dengan penggunaan LED bars. Tampilan samping mobil terlihat ramping dan sporty dimana garis bodi mobil dibuat memanjang mulai dari lampu depan memanjang ke samping, bodi, dan berakhir di lampu belakang.

Pada pintu belakang Honda WR-V dibuat unik dengan menggunakan konsep layaknya sebuah mobil coupe dimana door handle terletak pada bagian samping bingkai jendela.

Honda WR-V sendiri hadir menggunakan transmisi CVT dengan teknologi G-design shift yang menghasilkan performa akselerasi yang bertenaga serta memiliki efisien bakar yang meningkat sebesar 4 persen.

Meski masuk small SUV, namun Honda WR-V menawarkan keamanan dan kenyaman yang optimal karena dibekali dengan fitur Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist dan Brake Override System.

Keamanannya pun ditingkatkan secara signifikan pada varian tertinggi karena telah menerapkan fitur Honda Sensing yang mencakup Collision Mitigation Brake System, Auto-High Beam, Lane Keeping Assist System, Lead Car Departure Notification System, Road Departure Mitigation dan Adaptive Cruise Control.

Honda WR-V tipe E hadir dengan berbagai pilihan warna mulai dari Crystal Black Pearl, Meteoroid Gray Metallic, dan Taffeta White. Sedangkan Honda WR-V RS CVT hadir dengan berbagai pilihan warna mulai dari warna baru yaitu Stellar Diamond Pearl, Crystal Black Pearl, Meteoroid Gray Metallic dan Ignite Red Metallic. Di Surabaya Honda WR-V ditawarkan dengan harga on the road (OTR) mulai dari Rp276 jutaan hingga Rp 314 jutaan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES