Hyundai Catat Pertumbuhan Retail Sales 10 Kali Lipat
TIMESINDONESIA, SURABAYA – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mencatat tren pertumbuhan retail sales positif sepanjang 2020 hingga 2022 atau sejak pertama kali menjajaki market Indonesia.
Produk-produk unggulan pabrikan otomotif ini nyaris merajai jalanan kota-kota besar. Seperti Stargazer dan Creta sebagai back bone penjualan.
Advertisement
Head of Public Relations PT Hyundai Motors Indonesia Uria Simanjuntak mengatakan bahwa tren pertumbuhan positif tersebut termasuk di Jatim.
"Hyundai tumbuh setiap tahun mulai 2020," jelas Uria saat press conference di Dealer Hyundai, Jalan Basuki Rahmat Surabaya, Rabu (25/1/2023).
Uria merinci, total retail sales selama 2020 berada di angka 200 unit. Kemudian 2021 naik tajam menjadi 3000 unit dan 2022 mencapai lebih dari 30.000 unit.
"Angka penjualan tumbuh lebih dari sepuluh kali lipat," kata Uria.
Pencapaian luar biasa ini juga terjadi di Wilayah Jatim sebagai salah satu kontributor terbesar.
"Tahun lalu kontribusi retail sales Jatim kurang lebih di kisaran 10 persen terhadap penjualan nasional. Termasuk salah satu penyumbang terbesar untuk retail nasional," katanya.
Selama 2022 lalu produk unggulan Hyundai seperti Stargazer dan Creta tetap menjadi primadona. Namun demikian, ia masih merahasiakan angka penjualan.
"Konsumen membeli Stargazer karena banyak pilihan varian, fitur, dan kompartemen," ungkap Uria.
Disinggung soal target tahun ini, Uria mengaku tak muluk-muluk. Bahkan manajemen sendiri ia sebut tak pernah menetapkan patokan angka.
"Target kami di 2023 sebenarnya tidak pernah menetapkan angka. Tapi kami fokus pada program Hyundai Hadir Untukmu dan Layanan Purna Jual," ucapnya memperjelas.
Selain itu, tambah Uria, PT Hyundai Motors Indonesia juga tengah gencar melakukan ekspansi dealer. Tercatat pada tahun lalu berhasil membangun 23 dealer baru mulai dari Aceh hingga Papua. Sehingga total saat ini 123 dealer.
"Tahun ini kami berencana untuk meningkatkan lagi ekspansi dealer sehingga dapat mencapai 140 dealer," jelasnya.
Lebih lanjut Uria menjelaskan jika Hyundai tidak hanya fokus pada produk saja. Akan tetapi juga ada ekspansi pelayanan.
Terlebih tahun 2023 ini juga cukup spesial karena menjadi tahun layanan dari Hyundai dengan meluncurkan dua program khusus Hyundai Hadir Untukmu dan Layanan Purna Jual.
"Fokus utama kita memang pada fitur, produk dan layanan. Tahun ini kita akan lebih menekankan pada layanan purna jual dan program-program servis," tandasnya.
Sementara pada kesempatan yang sama, Head of Service Planning & Strategy PT Hyundai Motors Indonesia Suprayetno memaparkan secara gamblang sejumlah manfaat program Hyundai Hadir Untukmu.
Program tersebut merupakan inovasi purna jual guna memberikan pengalaman bebas rasa khawatir bagi kepemilikan kendaraan Hyundai. Meliputi Hyundai Owner Assurance Program dan Hyundai Service Hadir Untukmu yang mencakup berbagai program layanan purnajual lain.
Seperti pelayanan pelanggan dan layanan darurat 24 jam, layanan Hyundai Datang ke Mana Saja, jaringan dealer resmi Hyundai, Service melalui aplikasi myHyundai, jaminan suku cadang, serta masih banyak layanan lainnya yang akan hadir.
Pengguna Creta dan Stargazer bisa mendapatkan lima manfaat lewat Hyundai Owner Assurance Program. Mulai Car Replacement Guarantee, Resale Value Guarantee, Customer Protection Program, Payment Protection Program, dan manfaat terbaru di tahun 2023 yaitu Tire Protection Program.
"Kelima manfaat ini dapat dinikmati oleh pengguna Creta dan Stargazer yang membeli produk-produk tersebut di tahun 2023," ujarnya.
Adapun manfaat terbaru dari Hyundai Owner Assurance Program, yakni Tire Protection Program, memberikan jaminan penggantian biaya pembelian ban baru dengan tipe dan ukuran yang sama bagi pelanggan.
Manfaat ini berlaku selama 1 tahun setelah serah terima kendaraan dan diberikan bila ban yang rusak sebelumnya sudah tidak dapat digunakan lagi.
Sedangkan manfaat dari Car Replacement Guarantee memberikan jaminan penggantian mobil baru dengan tipe, warna, dan spesifikasi yang sama jika mobil Creta dan Stargazer mengalami tingkat kerusakan minimal 65%. Ini lebih memudahkan pelanggan karena sebelumnya tingkat kerusakan yang ditetapkan minimal 75%.
"Program ini berlaku hingga satu tahun pemakaian sejak serah terima kendaraan," katanya.
Resale Value Guarantee menjadi manfaat lainnya yang ditawarkan Hyundai Owner Assurance Program. Manfaat ini memberikan jaminan harga jual kembali untuk Creta dan Stargazer senilai 70% dari harga pembelian apabila pemilik hendak melakukan trade-in dengan mobil Hyundai apa pun di tahun ketiga kepemilikan. (*)
**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.
Editor | : Irfan Anshori |
Publisher | : Sholihin Nur |