Otomotif

Mobil Dinas Innova Zenix Hybrid Khusus Forkopimda Kabupaten Probolinggo Dikirimkan

Senin, 15 Mei 2023 - 18:31 | 557.15k
Mobil dinas baru milik Wabup Probolinggo jenis Innova Zenyx Hybrid. (FOTO: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)
Mobil dinas baru milik Wabup Probolinggo jenis Innova Zenyx Hybrid. (FOTO: Abdul Jalil/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Setelah menunggu lama, mobil dinas baru khusus Forkopimda Kabupaten Probolinggo, akhirnya dikirim juga. Mobil dinas jenis Innova Zenix Hybrid itu dikirim secara bergantian dan bertahap. Pengadaan mobil ini sempat molor akibat ketersediaan barang yang kosong.

Sejauh ini baru satu dari lima unit mobil dinas Innova Zenix Hybrid yang telah tiba di Pemkab Probolinggo. Kendaraan produksi Toyota itu diperuntukkan pada Wakil Bupati Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko.

Sedangkan empat unit sisanya masih dalam proses pengiriman dan menunggu stok. Namun, informasinya dua unit akan dikirimkan dalam minggu-minggu ini. Tanggal tepatnya masih belum bisa dipastikan.

"Baru satu unit ini yang datang. Ini Innova Zenyx Hybrid tipe tertinggi. Memang khusus untuk Wabup," ungkap Ugas Irwanto, Sekda Kabupaten Probolinggo.

Untuk empat unit mobil lainnya, kata dia, masih proses. Dua unit akan dikirimkan dalam waktu dekat, dan unit lagi masih menunggu ketersediaan barang. Sehingga pengirimannya terpisah dan bertahap untuk forkopimda.

Ia menjelaskan, dua unit yang akan diterima dalam waktu dekat itu akan diserahkn pada pimpinan yang lebih membutuhkan kendaraan. Jika ada yang minta, pihaknya akan menyerahkan itu lebih dulu.

"Siapa yang lebih membutuhkan, akan kami berikan dulu. Untuk unit pertama ini memang khusus dan berbeda dengan empat unit mobil lainnya," jelas Sekda Ugas.

Ia memaparkan, 5 unit kendaraan mobil dinas Innova Zenyx tersebut berbeda. Satu di antaranya memiliki spesifikasi lebih tinggi karena memang digunakan khusus kepala daerah. Sedangkan empat unit lainnya memiliki spesifikasi lebih rendah.

Tidak hanya itu, harga setiap unit kendaraan tersebut tidak sama. Unit kendaraan khusus Wabup Probolinggo memiliki harga lebih tinggi, sekitar Rp 475 juta. Sedangkan untuk empat unit lainnya sekitar Rp 415 juta.

"Sama-sama Innova Zenyx. Hanya saja spesifikasinya tidak sama. Hanya milik Wabup yang spesifikasi hybrid. Lainnya non hybrid," paparnya.

Kendaraan Innova Zeniyx itu telah dianggarkan oleh Pemkab Probolinggo dalam buku tahun anggaran 2022. Hanya saja, lantaran terkendala Government Sales Operation (GSO) dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang (LKPB). Sehingga rencana pengadaan mobil dinas bergeser pada tahun berikutnya.

GSO atau Harga Plat Merah OfTR adalah harga khusus kendaraan pemerintah yang belum mencakup Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Administrasi STNK dan Ongkos Kirim.

Sedangkan, Harga Plat Merah On The Road adalah harga khusus kendaraan pemerintah yang sudah termasuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB), Administrasi STNK dan Ongkos Kirim.

5 unit kendaraan dinas forkopimda itu diberikan pada Kapolres Probolinggo, Komandan Kodim, Kepala Kejaksaan, Kepala Pengadilan Negeri, dan Wakil Bupati Probolinggo.

Sekedar informasi, Pemkab Probolinggo telah membeli armada baru untuk 24 camat melalui APBD Perubahan 2022. Setiap unitnya ditaksir senilai Rp 350 juta. Mobdin baru itu merek Toyota Rush.

Kendaraan baru itu menggantikan mobil dinas para camat yang telah berusia tua berupa Panther Ls Turbo. Kendaraan mobil plat merah itu sudah digunakan para camat lebih dari 10 tahun.

Selanjutnya giliran pejabat Eselon II pemkab setempat yang turut mengendarai mobil baru sebanyak lima unit berupa Honda HR-V. Mobil dinas baru itu telah terbeli pada akhir tahun 2022 lalu. Sekarang milik Forkopimda Kabupaten Probolinggo.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Muhammad Iqbal
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES