Otomotif

Kontribusi Penjualan Mini di Surabaya Capai 10 Persen 

Rabu, 17 Mei 2023 - 17:07 | 518.32k
Direksi BMW Group Indonesia, MINI Asia bersama dengan PT Plaza Auto Raya berpose di depan Mini Cabrio, Rabu (17/5/2023). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Direksi BMW Group Indonesia, MINI Asia bersama dengan PT Plaza Auto Raya berpose di depan Mini Cabrio, Rabu (17/5/2023). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Peminat compact cars premium Mini di Kota Surabaya rupanya cukup tinggi. Produk otomotif pabrikan Jerman yang dipasarkan di bawah BMW Group Indonesia ini bahkan mampu menyumbang kontribusi mencapai 10 persen. 

Director of communications BMW Group Indonesia, Jodie O’Tania menjelaskan, tahun ini pihaknya akan terus mengkatrol penjualan dengan menghadirkan showroom Plaza Mini kedua di Surabaya. 

Showroom-Plaza-Mini.jpgShowroom Plaza Mini di Kawasan Jalan HR Muhammad Surabaya, Rabu (17/5/2023). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

"Kehadiran showroom ini sebagai salah satu upaya untuk menggenjot kontribusi penjualan mobil Mini di Surabaya sebesar 15 persen terhadap penjualan nasional," ucap Jodie O'Tania, Rabu (17/5/2023). 

Ia menambahkan, BMW Group Indonesia, MINI Asia bersama dengan PT Plaza Auto Raya kembali membuka showroom Plaza Mini kedua di Kawasan Jalan HR Muhammad setelah showroom pertama mampu memberikan catatan positif kontribusi. 

"Sebelumnya di Surabaya hanya memiliki satu showroom Plaza Mini yang ebrada di Jalan Arjuno Surabaya," kata Jodie. 

Mini-Cabrio.jpgModel berpose dengan Mini Cabrio di Showroom Plaza Mini, Kawasan Jalan HR Muhammad Surabaya, Rabu (17/5/2023). (FOTO: Lely Yuana/TIMES Indonesia) 

Dengan kehadiran fasilitas terbaru layanan Mini di Surabaya ini, ia berharap  kontribusi penjualan dari Surabaya dapat memberikan sebesar 15 persen terhadap pasar nasional. 

Jodie juga memastikan Kota Surabaya sebagai pasar potensial di segmen mobil mewah. BMW Group sendiri memiliki dua segmen pasar kini tersebut yaitu mobil BMW dan Mini. 

"Kota Surabaya dan sekitarnya memiliki potensi pasar yang sangat besar untuk segmen mobil mewah," jelasnya lebih lanjut. 

Bukan tanpa alasan jika BMW Group Indonesia, MINI Asia bersama dengan PT Plaza Auto Raya membuka showroom di Surabaya Barat. Karena, kawasan ini terus berkembang dari tahun ke tahun. 

“Seperti yang kita lihat, tempat-tempat di Surabaya itu terus berkembang apalagi di Surabaya Barat, sehingga banyak brand-brand berdatangan, dan Surabaya ini menjadi pasar yang potensial untuk Mini yang menjadi mobil bagi penggemarnya,” kata dia.

Jodie juga menyebutkan, penjualan mobil Mini terus mengalami peningkatan yakni sekitar 12 persen pada 2022 dibandingkan 2021. Bahkan pada saat pandemi, permintaan mobil mewah ini juga tidak surut.

“Justru saat pandemi tidak turun, malah justru ada peningkatan penjualan dari konsumen yang memang hobi pada Mini, untuk meningkatkan imunitas karena mereka saat itu tidak bisa traveling ke luar negeri,” katanya.

Dia menambahkan, sejauh ini tren penjualan mobil Mini sebanyak 50 persen dilakukan secara tunai dan 50 persen secara kredit. 

Adapun Plaza MINI HR Muhammad Surabaya ini merupakan cabang diler Mini resmi ke-6 dari PT Plaza Auto Raya dan menjadi yang ke-2 khusus untuk pasar Surabaya. Antara lain Mini Cooper Cabrio dengan desain ramping dan atap terbuka yang baru-baru ini digadang menjadi backbone penjualan. 

Plaza MINI - HR Muhammad juga mengusung konsep Retail Next untuk pertama kalinya di Indonesia ini memiliki luas bangunan 1.400 m2 dengan 3 lantai, dan di showroom  ini menghadirkan 5 unit display kendaraan Mini. 

Sebagaimana diketahui, peminat compact cars premium Mini di Kota Surabaya rupanya cukup tinggi. Produk otomotif pabrikan Jerman di bawah BMW Group Indonesia ini mampu menyumbang kontribusi mencapai 10 persen. 

Director of communications BMW Group Indonesia, Jodie O’Tania menjelaskan, tahun ini pihaknya akan terus mengkatrol penjualan dengan menghadirkan showroom Plaza Mini kedua di Surabaya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES